Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MTs Kelas 7
MTs Arabic - Kompetensi Inti yang selanjutnya disingkat KI adalah merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.
Kompetensi Dasar yang selanjutnya disingkat KD adalah merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang tekait muatan atau mata pelajaran.
Fungsi KI yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda. Rumusan KI dalam pedoman ini menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk KI sikap spiritual, 2) KI-2 untuk KI sikap sosial, 3) KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk KI keterampilan. Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Adapun dalam artikel ini saya share KI-KD khusus mata pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Tsanawiyah kelas 7 sesuai KMA 183 Tahun 2019 Semester Ganjil dan Semester Genap.
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar :
BAB 1
(التعارف)
Aspek Pengetahuan
3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, makna dan gramatikal) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: التعارف yang melibatkan tindak tutur memperkenalkan diri dan orang lain, menanyakan asal negara/ daerah dengan menggunakan kata tanya ( هَلْ - مِنْ أَيْنَ )
3.2. Menganalisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: التعارف dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal المبتدأ (ضمير) + الخبر
Aspek Keterampilan
4.1. Mendemonstrasikan tindak tutur memperkenalkan diri dan orang lain, menanyakan asal negara/daerah dengan menggunakan kata tanya ( هَلْ - مِنْ أَيْنَ ) baik secara lisan maupun tulisan baik secara lisan maupun tulisan
4.2. Menganalisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: التعارف dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal المبتدأ (ضمير) + الخبر
BAB 2
(المرافق المدرسية)
Aspek Pengetahuan
3.3. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: المرافق المدرسية yang melibatkan tindak tutur menunjuk fasilitas umum yang ada di lingkungan sekolah dengan memperhatikan susunan gramatikal: (المبتدأ (إشارة) + الخبر (نعت / ظرف المكان
3.4. Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi gramatikal (المبتدأ (إشارة) + الخبر (نعت / ظرف المكان dalam teks sederhana yang berkaitan dengan tema: المرافق المدرسية
Aspek Keterampilan
4.3. Mendemonstrasikan tindak tutur menunjuk fasilitas umum yang ada di lingkungan sekolah dengan memperhatikan susunan gramatikal (المبتدأ (إشارة) + الخبر (نعت / ظرف المكان baik secara lisan maupun tulisan
4.4. Menyusun teks sederhana yang berkaitan dengan tema: المرافق المدرسية dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (المبتدأ (إشارة) + الخبر (نعت / ظرف المكان
BAB 3
(الأدوات المدرسية)
Aspek Pengetahuan
3.5. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks naratif sederhana tentang jenis dan warna yang berkaitan dengan tema: الأدوات المدرسية yang melibatkan tindak tutur menunjuk peralatan sekolah dengan memperhatikan susunan gramatikal الضمير المتصل
3.6. Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana tentang jenis dan warna yang berkaitan dengan tema : الأدوات المدرسية dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الضمير المتصل
Aspek Keterampilan
4.5. Mendemonstrasikan tindak tutur menunjuk peralatan sekolah dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الضمير المتصل baik secara lisan maupun tulisan
4.6. Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana tentang jenis dan warna yang berkaitan dengan tema : الأدوات المدرسية dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الضمير المتصل
BAB 4
(العنوان)
Aspek Pengetahuan
3.7. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, makna dan gramatikal) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: العنوان yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait dengan tempat tinggal (lokasi dan nomor rumah) dengan menggunakan kata tanya (ما - كم)
3.8. Menganalisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: العنوان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الأرقام 1 - 100
Aspek Keterampilan
4.7. Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait dengan tempat tinggal (lokasi dan nomor rumah) dengan menggunakan kata tanya (ما - كم) baik secara lisan maupun tulisan
4.8. Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: العنوان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الأرقام 1 - 100
BAB 5
(البيت)
Aspek Pengetahuan
3.9. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: البيت yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang rumah dengan memperhatikan susunan gramatikal الخبر المقدم + المبتدأ المؤخر
3.10. Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الخبر المقدم + المبتدأ المؤخر dalam teks deskriptif sederhana yang berkaitan dengan tema: البيت
Aspek Keterampilan
4.9. Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang rumah dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الخبر المقدم + المبتدأ المؤخر baik secara lisan maupun tulisan.
4.10. Menyusun teks deskriptif sederhana yang berkaitan dengan tema: البيت dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الخبر المقدم + المبتدأ المؤخر
BAB 6
(يوميات الأسرة)
Aspek Pengetahuan
3.11. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: يوميات الأسرة yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang kegiatan sehari-hari keluarga dengan memperhatikan susunan gramatikal تصريف المضارع للمفرد
3.12. Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: يوميات الأسرة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal تصريف المضارع للمفرد
Aspek Keterampilan
4.11. Mendemonstrasikan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang kegiatan sehari-hari keluarga dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal تصريف المضارع للمفرد baik secara lisan maupun tulisan
4.12. Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: يوميات الأسرة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal تصريف المضارع للمفرد
Demikian artikel tentang deskripsi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MTs Kelas 7 sesuai dengan KMA 183 Tahun 2019.
Sengaja diarsipkan langsung dalam bentuk tulisan digital dalam website khusus ini agar jika suatu saat diperlukan, tidak sulit untuk mencari.
Semoga membantu. Semoga manfaat.
Salam Admin,
0 komentar:
Post a Comment