Silabus Bahasa Arab MTs Kelas 9
MTs Arabic - Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus paling sedikit memuat:
(1) identitas mata pelajaran Bahasa Arab di tingkat MI, MTs, dan MA,
(2) identitas madrasah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas,
(3) kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran,
(4) kompetensi dasar, merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran,
(5) materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi,
(6) pembelajaran, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan,
(7) penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik,
(8) alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun; dan
(9) sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.
Silabus dikembangkan berdasarkan SKL dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun pelajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.
Berikut ini saya share contoh silabus bahasa Arab Kelas 9 sebagai referensi bagi bapak/ibu guru bahasa Arab Jenjang Madrasah Tsanawiyah yang ingin membuat silabus. Pada akhirnya disesuaikan dengan alokasi waktu yang digunakan di masing-masing madrasah.
Silabus Bahasa Arab MTs Kelas 9 Semester Ganjil
Silabus Bahasa Arab MTs Kelas 9 Semester Genap
Semoga bermanfaat.
Salam Admin,
Baca Juga :
0 komentar:
Post a Comment