Penyelenggaraan AKM (UN) & AKSI di Madrasah
MTs Arabic - Asesmen kompetensi siswa atau lebih tepatnya asesmen kompetensi minimum (AKM) merupakan evaluasi kompetensi dasar yang diperlukan oleh murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri baik dari segi literasi atau numerasi.
Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.
Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Kemenag, Ahmad Umar memodifikasi AKM menjadi Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI). AKSI menurut beliau, akan digunakan khusus untuk madrasah.
AKSI bakal dijalankan untuk murid kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI), kelas 8 Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan di kelas 11 Madrasah Aliyah (MA). Menurut beliau, seluruh instrumen telah diuji selama enam bulan terakhir, dan siap digunakan pada 2021.
Dari AKSI, pihaknya mengaku dapat memetakan masalah, kekurangan dan kelemahan madrasah. Termasuk dapat mengukur literasi membaca, numerik, hingga sains. Sehingga AKSI ini dianggap sebagai Baseline Informasi untuk penentuan kebijakan Peningkatan Pendidikan Madrasah.
AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia)/AKM/AN dirancang untuk membantu para guru memperoleh informasi yang akurat tentang kompetensi siswa dalam literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.
Melalui AKSI/AKM/AN, diharapkan guru lebih memahami apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.
Dengan adanya AKSI, Kemenag akan memiliki basis diagnostik yang kuat, untuk menentukan kebijakan mutu Pendidikan madrasah, memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan kapasitas guru, serta membangun budaya belajar.
Adapun output yang dapat dihasilkan dari AKSI/AKM/AN ini penulis simpulkan sebagai berikut :
Siswa :Memperoleh pengalaman mengerjakan soal-soal berbasis literasi & numerasi.Menyadari secara kontekstual fenomena, dan kejadiankejadian yang berhubungan erat dengan pengetahuan yang dipelajarinyaGuru :Menyadari perlunyakecakapan hidup diberikan kepada murid di kelas.Menyikapi perubahan proses pembelajaran yang menumbuhkan daya nalar dan karakterMeningkatkan kemampuan melakukan asesmenKepala Madrasah :Menyadari perlunya memfasilitasi guru untuk melakukan refleksi dan perbaikan pembelajaran.Memperbaiki lingkungan belajar yang kondusif dalam menumbuhkan daya nalar dan pembinaan karakterKemenag :Melakukan evaluasi terhadap sistem pendidikan madrasah di mulai dari tingkat Kota/ Kabupaten, Provinsi, dan nasional.Mengembangkan bank soal yang menjadi cikal bakal divisi khusus dalam mengasesmen madrasah sesuai kebutuhan.
File lengkap tentang informasi Penyelenggaraan AKM (UN) & AKSI di Madrasah dan Implementasi Asesmen Kompetensi Siswa di Madrasah dapat bapak ibu download di bawah ini :
Penyelenggaraan AKM (UN) & AKSI di Madrasah Download
Implementasi Asesmen Kompetensi Siswa di Madrasah Download
Semoga informasinya bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment