Soal Penilaian Tengah Semester Bahasa Arab MTs Kelas 9
MTs Arabic - Guru Bahasa Arab memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama pentingnya dengan pengajaran. Dalam satu analisis, guru bisa menghabiskan 20 sampai 30 persen waktu mereka untuk menghadapi persoalan penilaian. Oleh karena itu, dengan banyaknya waktu untuk penilaian, semestinya penilaian itu dilakukan dengan baik dan benar. Guru yang kompeten harus melakukan penilaian sesuai dengan konteks tujuan pembelajaran dan mengadaptasi pembelajaran sesuai dengan penilaiannya serta menindaklanjuti hasil penilaian untuk kemajuan peserta didiknya. Pendidik melakukan penilaian hasil belajar dalam bentuk ulangan, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan.
Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk:
(1) mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik;
(3) menentukan perlakuan dan pendampingan demi kemajuan peserta didik secara berkelanjutan; dan
(4) menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tengah semester, akhir semester, akhir tahun dan/atau kenaikan kelas.
Pendidik melaksanakan penilaian dengan mekanisme sebagai berikut:
1) Perancangan strategi penilaian oleh pendidik dilakukan pada saat penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus;
Lebih lengkap lihat perangkat perangkat pembelajaran bahasa Arab MTs di bawah ini :
2) Penilaian aspek sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan dan teknik penilaian lain yang relevan, dan pelaporannya menjadi tanggung jawab wali kelas atau guru kelas;
3) Penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai;
4) Penilaian keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, dan/atau teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai;
5) Peserta didik yang belum mencapai KKM satuan pendidikan harus mengikuti pembelajaran remedi;
6) Hasil penilaian dijadikan dasar untuk memberi umpan balik kepada peserta didik. Guru dalam hal ini harus memastikan bahwa peserta didik mengetahui apa kekurangannya dalam pencapaian kompetensi, bagaimana mengatasi kekurangan/ kendala yang dihadapi, dan memastikan peserta didik bersedia melakukan tindakan untuk memperbaiki diri dari kekurangannya. Dengan demikian proses penilaian akan meningkatkan motivasi belajar dan menjadikan perubahan prilaku peserta didik lebih baik; dan
Adapun dalam artikel ini saya coba share soal Penilaian Tengah Semester Bahasa Arab MTs kelas 9 baik semestter ganjil maupun semester genap. Soal PTS ini merupakan hasil analisa dari berbagai buku sumber bahasa Arab, terutama Buku Bahasa Arab MTs kelas 9 terbaru revisi tahun 2020 (tanpa tulisan uji publik).
Soal tersebut dapat bapak/ibu download melalui link di bawah ini, kemudian mengedit (mengurangi/menambahkan) soal sesuai dengan kebutuhan di madrasahnya masing-masing.
Versi PDF :
Versi Word :
Demikian artikel sederhana tentang soal Soal Penilaian Tengah Semester Bahasa Arab MTs untuk kelas 9.
Semoga bermanfa'at.
Salam Admin,
Baca Juga :
ditunggu soal ptsnya
ReplyDeleteInsya Allah, kelas 7 & 9 menyusul
ReplyDeletemasyaallah semoga tetap semangat ya ust untuk panduan kami. salam dari mtsn1 mempawah kaliamantan barat
ReplyDeleteInsyaallah... Syukron semangatnya...
DeleteAlhamdulillah terima kasih asatidz dari Kalimantan...
Salam juga dari kami...
Baarakallah fiikum...