Indonesia Website Awards

Tuesday, March 16, 2021

Kumpulan Indikator Pencapaian Kompetensi Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab MTs


MTs Arabic - Indikator pencapaian kompetensi (IPK) adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan Kata Kerja Operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Kata kerja operasional yang sering digunakan adalah milik Taksonomi Bloom. Bagi bapak/ibu yang belum mempunyai kumpulan KKO Bloom silahkan download di bawah ini.

Download KKO Taksonomi Bloom

Tulisan kali ini, saya akan share indikator pencapaian kompetensi yang terdapat pada materi Bahasa Arab Kelas 7 sampai Kelas 9 sesuai dengan maharah ( keterampilan ) yang menjadi dasar pemahaman bagi siswa untuk mempelajari bahasa Arab. Bapak/ibu dapat menggunakannya dalam setiap pertemuan, aspek apa yang akan diukur dari setiap peserta didik, sehingga pembelajaran berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Biasanya, IPK ini tertuliskan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Tinggal disesuaikan sesuai dengan materi dan bab yang akan disampaikan kepada peserta didik.

Berikut rinciannya.

Menyimak: ( مهارة الإستماع )

Memilih gambar yang disediakan sesuai dengan ungkapan yang diperdengarkan

Memilih kosakata sesuai dengan makna ungkapan yang diperdengarkan

Memilih ungkapan sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang diperdengarkan

Mengidentifikasi bunyi huruf-huruf Arab yang diperdengarkan

Mengidentifikasi bunyi kalimat yang diperdengarkan

Mengidentifikasi bunyi kata-kata Arab yang diperdengarkan

Mengidentifikasi bunyi ungkapan yang diperdengarkan

Mengulangi beberapa kalimat dalam hiwar yang diperdengarkan dengan baik dan benar

Menunjukkan kata, frase, dan kalimat pada suatu wacana sesuai dengan yang diperdengarkan

Menyebutkan kata, frase, dan kalimat

Memilih frase sesuai dengan makna kalimat yang diperdengarkan

Memilih gambar yang disediakan sesuai dengan ungkapan yang diperdengarkan

Memilih jawaban yang disediakan sesuai dengan pertanyaan yang diperdengarkan

Memilih kalimat sesuai dengan ungkapan yang diperdengarkan

Memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang diperdengarkan

Memilih ungkapan sesuai dengan makna kalimat yang diperdengarkan

Menentukan gambar yang sesuai dengan kata yang diperdengarkan

Menentukan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang diperdengarkan

Mengidentifikasi kata yang sesuai dengan makna ungkapan atau kalimat yang diperdengarkan

Mengidentifikasi makna dan gagasan dari berbagai bentuk wacana lisan

Mengidentifikasi ungkapan yang sesuai dengan makna kata/ungkapan yang diperdengarkan

Mengulangi beberapa kalimat dalam hiwar yang diperdengarkan

Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam mufradat atau hiwar yang diperdengarkan

Memilih gambar yang disediakan sesuai ungkapan yang diperdengarkan

Memilih jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang diperdengarkan

Memilih kata yang sesuai dengan makna ungkapan yang diperdengarkan 

Memilih ungkapan sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang diperdengarkan

Menentukan gambar sesuai dengan kata yang diperdengarkan

Menentukan gambar sesuai dengan ungkapan yang diperdengarkan

Menentukan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang diperdengarkan

Mengidentifikasi kata yang sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang diperdengarkan

Mengidentifikasi ungkapan yang sesuai dengan makna ungkapan yang diperdengarkan

Mengulangi beberapa frase dalam hiwar yang diperdengarkan 

Mengulangi beberapa huruf Arab yang diperdengarkan 

Mengulangi beberapa kalimat dalam hiwar yang diperdengarkan dengan baik dan benar

Mengulangi beberapa kata dalam hiwar yang diperdengarkan 

Mengulangi materi hiwar yang diperdengarkan

Mengulangi materi qira'ah yang diperdengarkan

Menjelaskan maksud gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana

Menyimpulkan makna gagasan yang terdapat pada wacana

Berbicara: ( مهارة الكلام )

Bertanya jawab dengan judul dan mufradat yang telah dipelajari pada dars yang bersangkutan

Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan kata tanya yang tepat

Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan

Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan ungkapan komunikatif yang diprogramkan

Melafalkan hiwar dengan makhraj dan intonasi yang benar

Melafalkan mufradat dengan makhraj dan panjang pendek yang benar

Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar

Memperagakan hiwar secara berpasangan dengan baik dan benar

Mendeskripsikan gambar dengan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan

Mengulangi ungkapan-ungkapan hiwar dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar

Melafalkan hiwar dengan makhraj serta intonasi yang benar

Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar

Memperagakan hiwar secara berpasangan dengan baik dan benar

Mendeskripsikan gambar dengan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan

Mengemukakan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana dengan lafal yang tepat

Menggunakan tiap kalimat dan ungkapan pelajaran hiwar

Mengulangi ungkapan-ungkapan hiwar yang diperdengarkan dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar

Menjawab beberapa pertanyaan yang disediakan 

Menunjukkan arti mufradat dengan benar

Menunjukkan arti ungkapan hiwar dengan benar

Menyebutkan alur cerita hiwar dengan ringkas

Menyebutkan arti mufradat dengan benar

Menyebutkan arti setiap ungkapan/kalimat hiwar dengan benar

Menyebutkan maksud ungkapan-ungkapan komunikatif yang terdapat dalam hiwar

Membaca: ( مهارة القراءة )

Melafalkan bahan qira’ah dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar

Melafalkan beberapa pertanyaan tentang kandungan teks qira'ah

Melafalkan frase dengan pelafalan yang benar

Melafalkan huruf-huruf Arab dengan makhraj yang benar

Melafalkan kalimat dengan intonasi yang baik dan benar

Melafalkan kata  dengan pelafalan yang benar

Membaca teks qira’ah dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar

Membetulkan pernyataan-pernyataan yang salah dari segi makna

Mengetahui arti kata, frase, dan kalimat wacana tertulis sederhana

Mengetahui bentuk/struktur kalimat

Mengulangi bacaan qira'ah dengan makhraj dan intonasi yang baik dan benar

Menyebutkan kalimat yang sesuai dengan gambar yang disediakan

Membetulkan pernyataan-pernyataan yang salah dari segi makna

Memilih frase sesuai dengan gambar 

Memilih kalimat sesuai dengan gambar 

Memilih kata sesuai dengan gambar 

Menginventarisasi frase dari  materi qira’ah

Menginventarisasi kalimat dari  materi qira’ah

Menginventarisasi mufradat atau kosakata baru dalam materi qira’ah

Menjawab beberapa pertanyaan tentang kandungan teks qira’ah 

Menjodohkan ungkapan-ungkapan pelajaran qira'ah dengan benar

Menyatakan benar atau salah kalimat-kalimat sesuai dengan makna teks qira’ah

Menyebutkan kalimat yang sesuai dengan gambar yang disediakan

Membetulkan pernyataan-pernyataan yang salah dari segi makna

Membetulkan pernyataan-pernyataan yang salah dari segi tarkib

Menerjemahkan bahan qira'ah

Menerjemahkan frase

Menerjemahkan kalimat

Menerjemahkan kata

Menginventarisasi mufradat yang terdapat dalam teks qira'ah

Menjawab beberapa pertanyaan tentang kandungan teks qira’ah

Menjelaskan makna kata atau kalimat dengan benar dan tepat

Menjodohkan ungkapan-ungkapan pelajaran qira’ah dengan benar

Menyatakan benar atau salah kalimat-kalimat sesuai dengan makna teks qira’ah

Menulis: ( مهارة الكتابة )

Melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang benar

Melengkapi kalimat dengan yang kata sesuai dengan tulisan yang benar

Menjodohkan pertanyaan dengan jawaban yang tepat dengan tulisan yang benar

Menyalin bahan imla’ yang disediakan dengan tulisan yang benar

Menyalin kalimat dengan memilih __________ yang tepat

Menyalin kalimat yang disediakan dengan harakat/syakal yang baik dan benar

Menyusun beberapa ungkapan menjadi kalimat sempurna dengan tulisan yang benar

Menyusun kalimat dari kata-kata acak yang disediakan dengan tulisan yang benar

Menyusun kalimat-kalimat acak menjadi paragraf

Menyusun kata-kata acak menjadi kalimat

Menyusun paragraf-paragraf acak menjadi wacana

Melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang tepat

Melengkapi paragraf dengan kalimat yang disediakan

Membuat pertanyaan dengan kata tanya yang tepat untuk jawaban yang disediakan

Menjawab pertanyaan dengan jawaban serta tulisan yang benar

Menjawab pertanyaan dengan menggunakan gambar dengan tulisan yang benar

Menjodohkan pertanyaan dengan jawaban yang tepat

Menyampaikan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana

Menyusun beberapa ungkapan menjadi kalimat sempurna dengan tulisan yang benar

Menyusun kalimat dari kata-kata acak yang disediakan dengan tulisan yang benar

Menyusun kalimat-kalimat acak menjadi paragraf

Menyusun kata-kata acak menjadi kalimat sempurna

Demikian tulisan sederhana tentang Kumpulan Indikator Pencapaian Kompetensi Bahasa Arab MTs Kelas 7 sampai kelas 9 sesuai dengan buku digital yang sudah disediakan oleh kemenag.

IPK di atas hanyalah contoh. Kurang lebihnya silahkan bapak/ibu sesuaikan (dikurangi/ditambahkan) dengan menggunakan Kata Kerja Operasional yang sudah saya sertakan link downloadnya di atas.

Syukron.

Semoga bermanfaat.

Salam Admin,

MTs Arabic

0 komentar:

Post a Comment

Website ini dilindungi oleh :

Followers

Fanspage MTs Arabic

Pengunjung MTs Arabic

Live Pengunjung

Indonesia Website Awards

Translate

Arsip MTs Arabic

Label

AKM AKSI Analisis Alokasi Waktu Analisis SKL-KI-KD MTs Arsip ATP Bahasa Arab MTs Arsip Bimtek Arsip Buku Kerja Guru Arsip ITHLA Arsip Kurikulum Arsip Kurikulum Darurat Arsip Literasi Digital MTs Arsip MGMP Arsip P3K Kemenag Arsip Pelatihan Arsip Piagam MTs Arabic Arsip PPG Arsip Rapot Arsip Soal Arsip Soal Google Form Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 9 Arsip Surat Arsip TP Bahasa Arab MTs Arsip Webinar Asesmen Madrasah Bab 1 Bab 2 Bab 3 Bab 4 Bab 5 Bab 6 Bahasa Arab MTs Buku Kerja Guru 1 Buku Kerja Guru 2 Buku Kerja Guru 3 Buku Kerja Guru 4 Buku Pegangan Guru dan Siswa ClassPoint CP Bahasa Arab MTs CPNS Daftar Hadir Daftar Nilai Daya Serap Siswa Download E-Learning Bahasa Arab MTs Evaluasi Diri Kerja Guru Fase D Hari Guru Nasional Ikrar Guru Indonesia Ilmu Nahwu Ilmu Sharaf Indikator Soal Bahasa Arab MTs Indonesia Website Awards 2021 Info Madrasah IPK Jadwal Mengajar Guru Jurnal Agenda Guru Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 KI-KD Bahasa Arab MTs Kisi-kisi Soal KKM Bahasa Arab MTs KMA 183 Tahun 2019 KMA 347 Tahun 2022 Kode Etik Guru Kumpulan Soal Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka MTs Literasi MATERI BAB 1 MATERI BAB 2 MATERI BAB 3 MATERI BAB 4 MATERI BAB 5 MATERI BAB 6 Materi Bahasa Arab MTs Media Pembelajaran Modul 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4 Modul 5 Modul 6 Modul Ajar Modul Bahasa Arab Modul Bahasa Arab P3K Modul Pedagogik Modul Pedagogik P3K Motivasi Pelatihan Dugi Academy Pembiasaan Guru Madrasah Penilaian Akhir Semester Penilaian Akhir Semester Kelas 7 Penilaian Akhir Semester Kelas 8 Penilaian Akhir Semester Kelas 9 Penilaian Akhir Tahun Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Perangkat Pembelajaran Perbaikan Soal Program Semester Program Tahunan Quizizz Remedial dan Pengayaan RPP 1 Lembar SEMESTER 1 SEMESTER 2 Silabus Bahasa Arab MTs Soal AKM Bahasa Arab Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 7 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 8 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 9 Tata Tertib Guru Tindak Lanjut Kerja Guru Tutorial Ujian Madrasah