Indonesia Website Awards

Friday, July 9, 2021

Contoh Kegiatan Pembelajaran Pada Kurikulum Darurat


MTs Arabic - Dalam kondisi darurat, kegiatan pembelajaran tidak bisa berjalan secara normal seperti biasanya, namun demikian peserta didik harus tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran. Pada masa darurat Covid-19, madrasah telah melaksanakan kegiatan pembelajaran di tengah kondisi darurat sesuai dengan kondisi dan kreatifitas masing-masing madrasah dimana peserta didik belajar dari rumah dengan bimbingan dari guru dan orang tua.

Menghadapi tahun pelajaran 2021/2022 yang masih dalam masa darurat, tentunya madrasah membutuhkan pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran yaitu Kurikulum Darurat yang merupakan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang disusun dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan pada masa darurat dengan memperhatikan rambu-rambu ketentuan yang berlaku serta kondisi keterbatasan masing-masing satuan pendidikan di masa darurat. Masa darurat yang dimaksud bukan hanya pada masa darurat wabah Coronavirus Disease (Covid-19), tetapi berlaku pula pada masa darurat karena terjadi bencana alam, huru-hara dan sebagainya.

Berikut ini saya share 3 contoh kegiatan pembelajaran yang disusun berdasarkan kurikulum darurat meliputi kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dengan tatap muka, daring, dan luring.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TATAP MUKA

Kegiatan Pendahuluan
  1. Guru menyiapkan kondisi fisik dan psikis peserta didik
  2. Mengucapkan salam dan doa bersama sebelum memulai pembelajaran
  3. Guru menyapa dengan menanyakan kondisi peserta  didik dan keluarganya
  4. Guru melakukan Pretest secara lisan.
  5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  6. Guru menyampaikan lingkup materi pelajaran.
Kegiatan Inti
  1. Guru mengorganisir peserta didik dalam pembelajaran.
  2. Guru menyampaikan materi pelajaran dan mendiskusikan bersama peserta didik.
  3. Peserta didik melakukan kegiatan saintifik yang meliputi: mengamati, menanya, mencari informasi, menalar / mengasosiasi, dan mengkomunikasikan / menyajikan / mempresentasikan.
  4. Guru menggunakan media atau alat peraga yang sesuai dengan karakteristik materi di masa darurat.
  5. Hasil pekerjaan peserta didik dapat berupa video, animasi, portofolio, proyek, produk, gambar, keterampilan, puisi, cerpen dan lain sebagainya yang memungkinkan dilaksanakan peserta didik di masa darurat.
  6. Guru memberi apresiasi terhadap hasil karya peserta didik.
  7. Guru melaksanakan penilaian sikap selama aktivitas peserta didik belajar melalui pengamatan dan/atau menanyakan kepada orang tua siswa.
Kegiatan Penutup
  1. Post test, dapat dilakukan dengan tes dan non tes.
  2. Guru dan peserta didik melakukan refleksi dengan mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  3. Kegiatan penutup diakhiri dengan guru memberikan informasi kepada peserta didik tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan memberikan pesan moral serta informasi pandemi Covid-19.
  4. Penugasan atau pekerjaan rumah dapat dilakukan secara individu maupun kelompok dan diberikan secara memadai sehingga tidak menyita banyak waktu, tenaga dan biaya.
  5. Doa penutup dan salam
KEGIATAN PEMBELAJARAN
DARING

Kegiatan Pra Pembelajaran
  1. Guru menyiapkan nomor telepon peserta didik atau orang tua/wali peserta didik dan membuat grup WhatsApp (atau aplikasi komunikasi lainnya) sebagai media interaksi dan komunikasi
  2. Guru melakukan diskusi dengan orang tua / wali dan peserta didik untuk memastikan orang tua / wali peserta didik atau peserta didik mendukung proses pembelajaran daring
  3. Memberikan penjelasan tentang materi, media / aplikasi yang akan dipakai pembelajaran daring
  4. Guru menyiapkan RPP yang sesuai dengan kondisi dan akses pembelajaran daring.
Kegiatan Saat pembelajaran
  1. Guru memeriksa kehadiran peserta didik dan pastikan peserta didik dalam kondisi sehat dan siap mengikuti pembelajaran
  2. Guru mengajak peserta didik berdoa sebelum pembelajaran
  3. Guru menyampaikan materi sesuai dengan metode yang direncanakan
  4. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mengemukakan pendapat dan/atau melakukan refleksi
Kegiatan Pasca pembelajaran
  1. Setiap peserta didik mengisi lembar aktivitas sebagai bahan pemantauan belajar harian.
  2. Mengingatkan orang tua/wali peserta didik atau peserta didik untuk mengumpulkan foto aktivitas/lembar tugas atau file penugasan
  3. Memberikan umpan balik terhadap hasil karya/tugas peserta didik/lembar refleksi pengalaman belajar
  4. Kegiatan penutup diakhiri dengan membaca doa, guru memberikan informasi kepada peserta didik tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan memberikan pesan  moral serta informasi tentang pandemi Covid-19
KEGIATAN PEMBELAJARAN
LURING

Kegiatan Pra Pembelajaran
  1. Guru menyiapkan RPP, bahan ajar, jadwal dan penugasan
  2. Jadwal pembelajaran dan penugasan belajar dikirim melalui kurir atau diambil oleh orangtua/wali peserta didik sekali seminggu di akhir minggu dan atau disebarkan melalui media komunikasi yang tersedia.
  3. Guru memastikan semua peserta didik telah mendapatkan bahan ajar, lembar jadwal dan penugasan.
  4. Guru dan orangtua/wali peserta didik yang bertemu untuk menyerahkan jadwal dan penugasan diwajibkan melakukan prosedur keselamatan pencegahan Covid-19.
Kegiatan Saat Pembelajaran
  1. Pembelajaran luring dibantu orang tua/wali peserta didik sesuai dengan jadwal dan penugasan yang telah diberikan.
  2. Guru dapat melakukan kunjungan kerumah peserta didik untuk melakukan pengecekan dan pendampingan belajar dengan wajib melakukan prosedur pencegahan penyebaran Covid-19.
  3. Berdoa Bersama sebelum dan sesudah belajar.
Kegiatan Pasca Pembelajaran
  1. Setiap peserta didik mengisi lembar aktivitas sebagai bahan pemantauan belajar harian.
  2. Orang tua/wali peserta didik memberikan tanda tangan pada tiap sesi belajar yang telah tuntas di lembar pemantauan harian
  3. Memberikan tambahan muatan penugasan yaitu Pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi Covid-19. Selain itu, menambahkan konten rekreasional dan ajakan melakukan olahraga/ kegiatan fisik dalam upaya menjaga kesehatan mental dan fisik peserta didik selama masa belajar  dari rumah.
  4. Hasil penugasan dan lembar pemantauan aktivitas harian dikumpulkan setiap akhir minggu sekaligus mengambil jadwal dan penugasan untuk minggu berikutnya yang dilakukan pengirimannya dapat juga melalui alat komunikasi atau kurir.
Demikian uraian tentang contoh kegiatan pembelajaran pada kurikulum darurat covid-19. Silahkan dipergunakan sesuai dengan kebutuhan di madrasahnya dan juga sesuai dengan zona daerah tempat mengajar bapak/ibu.

Semoga bermanfaat.

Salam Admin,

4 comments:

  1. maaf ustadz, apakah punya file buku bahasa arab bentuk dokumen word?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada. Tp sudah saya pisahkan per materi. Bisa dilihat di website ini materi per pertemuannya, untuk memudahkan pembagian materi yang akan diajarkan sesuai dengan alokasi waktu yang diperlukan.

      Delete
  2. Sehat dan sukses selalu ustadz

    ReplyDelete

Website ini dilindungi oleh :

Followers

Fanspage MTs Arabic

Pengunjung MTs Arabic

Live Pengunjung

Indonesia Website Awards

Translate

Arsip MTs Arabic

Label

AKM AKSI Analisis Alokasi Waktu Analisis SKL-KI-KD MTs Arsip ATP Bahasa Arab MTs Arsip Bimtek Arsip Buku Kerja Guru Arsip ITHLA Arsip Kurikulum Arsip Kurikulum Darurat Arsip Literasi Digital MTs Arsip MGMP Arsip P3K Kemenag Arsip Pelatihan Arsip Piagam MTs Arabic Arsip PPG Arsip Rapot Arsip Soal Arsip Soal Google Form Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 9 Arsip Surat Arsip TP Bahasa Arab MTs Arsip Webinar Asesmen Madrasah Bab 1 Bab 2 Bab 3 Bab 4 Bab 5 Bab 6 Bahasa Arab MTs Buku Kerja Guru 1 Buku Kerja Guru 2 Buku Kerja Guru 3 Buku Kerja Guru 4 Buku Pegangan Guru dan Siswa ClassPoint CP Bahasa Arab MTs CPNS Daftar Hadir Daftar Nilai Daya Serap Siswa Download E-Learning Bahasa Arab MTs Evaluasi Diri Kerja Guru Fase D Hari Guru Nasional Ikrar Guru Indonesia Ilmu Nahwu Ilmu Sharaf Indikator Soal Bahasa Arab MTs Indonesia Website Awards 2021 Info Madrasah IPK Jadwal Mengajar Guru Jurnal Agenda Guru Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 KI-KD Bahasa Arab MTs Kisi-kisi Soal KKM Bahasa Arab MTs KMA 183 Tahun 2019 KMA 347 Tahun 2022 Kode Etik Guru Kumpulan Soal Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka MTs Literasi MATERI BAB 1 MATERI BAB 2 MATERI BAB 3 MATERI BAB 4 MATERI BAB 5 MATERI BAB 6 Materi Bahasa Arab MTs Media Pembelajaran Modul 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4 Modul 5 Modul 6 Modul Ajar Modul Bahasa Arab Modul Bahasa Arab P3K Modul Pedagogik Modul Pedagogik P3K Motivasi Pelatihan Dugi Academy Pembiasaan Guru Madrasah Penilaian Akhir Semester Penilaian Akhir Semester Kelas 7 Penilaian Akhir Semester Kelas 8 Penilaian Akhir Semester Kelas 9 Penilaian Akhir Tahun Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Perangkat Pembelajaran Perbaikan Soal Program Semester Program Tahunan Quizizz Remedial dan Pengayaan RPP 1 Lembar SEMESTER 1 SEMESTER 2 Silabus Bahasa Arab MTs Soal AKM Bahasa Arab Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 7 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 8 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 9 Tata Tertib Guru Tindak Lanjut Kerja Guru Tutorial Ujian Madrasah