Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MTs Kelas 9
MTs Arabic - Kompetensi Inti yang selanjutnya disingkat KI adalah merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.
Kompetensi Dasar yang selanjutnya disingkat KD adalah merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang tekait muatan atau mata pelajaran.
Fungsi KI yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda. Rumusan KI dalam pedoman ini menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk KI sikap spiritual, 2) KI-2 untuk KI sikap sosial, 3) KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk KI keterampilan. Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Adapun dalam artikel ini saya share KI-KD khusus mata pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Tsanawiyah kelas 9 sesuai KMA 183 Tahun 2019 Semester Ganjil dan Semester Genap.
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar :
BAB 1
(رأس السنة الهجرية)
Aspek Pengetahuan
3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: رأس السنة الهجرية yang melibatkan tindak tutur menyatakan kejadian di masa lampau dengan memperhatikan susunan gramatikal تصريف الفعل الماضي المجرد
3.2. Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: رأس السنة الهجرية dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal تصريف الفعل الماضي المجرد
Aspek Keterampilan
4.1. Mendemonstrasikan tindak tutur menyatakan kejadian di masa lampau dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal تصريف الفعل الماضي المجرد baik secara lisan maupun tulisan
4.2. Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: رأس السنة الهجرية dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal تصريف الفعل الماضي المجرد
BAB 2
(الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م)
Aspek Pengetahuan
3.3. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد
3.4. Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد dalam menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م
Aspek Keterampilan
4.3. Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan kejadian dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد baik secara lisan maupun tulisan
4.4. Menyusun teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفل بذكرى مولد الرسول ص.م dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal كان و إسمها و خبرها المفرد
BAB 3
(نزول القرآن و العيدان)
Aspek Pengetahuan
3.5. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان yang melibatkan tindak tutur melarang melakukan suatu pekerjaan dengan memperhatikan susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر
3.6. Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر
Aspek Keterampilan
4.5. Mendemonstrasikan tindak tutur melarang melakukan suatu pekerjaan dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر baik secara lisan maupun tulisan
4.6. Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: نزول القرآن و العيدان dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (لا الناهبة / لم + الفعل المضارع - المزيد من الفعل الثلاثي (ماضي، و مضارع، و مصدر
BAB 4
(جمال الطبيعة)
Aspek Pengetahuan
3.7. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema : جمال الطبيعة yang melibatkan tindak tutur memberi instruksi dengan memperhatikan susunan gramatikal فعل الأمر و تصريفه
3.8. Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: جمال الطبيعة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal فعل الأمر و تصريفه
Aspek Keterampilan
4.7. Mendemonstrasikan tindak tutur memberi instruksi dengan memperhatikan susunan gramatikal فعل الأمر و تصريفه baik secara lisan maupun tulisan
4.8. Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: جمال الطبيعة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal فعل الأمر و تصريفه
BAB 5
(خالق العالم)
Aspek Pengetahuan
3.9. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema : خالق العالم yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan ciptaan Allah dengan memperhatikan susunan gramatikal
3.10. Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: خالق العالم dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (الموصول (الذي ، التي ، الذين ، اللاتي
Aspek Keterampilan
4.9. Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan ciptaan Allah dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (الموصول (الذي ، التي ، الذين ، اللاتي baik secara lisan maupun tulisan
4.10. Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema: dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (الموصول (الذي ، التي ، الذين ، اللاتي
BAB 6
(الحفاظ على البيئة)
Aspek Pengetahuan
3.11. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفاظ على البيئة yang melibatkan tindak tutur pernyataan perbandingan dengan memperhatikan susunan gramatikal (إسم التفضيل (أفعل + من / جمع
3.12. Menganalisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفاظ على البيئة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (إسم التفضيل (أفعل + من / جمع
Aspek Keterampilan
4.11. Mendemonstrasikan yang melibatkan tindak tutur pernyataan perbandingan dengan memperhatikan susunan gramatikal (إسم التفضيل (أفعل + من / جمع baik secara lisan maupun tulisan
4.12. Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: الحفاظ على البيئة dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal (إسم التفضيل (أفعل + من / جمع
Demikian artikel tentang deskripsi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MTs Kelas 9 sesuai dengan KMA 183 Tahun 2019.
Sengaja diarsipkan langsung dalam bentuk tulisan digital dalam website khusus ini agar jika suatu saat diperlukan, tidak sulit untuk mencari.
Semoga membantu. Semoga manfaat.
Salam Admin,
0 komentar:
Post a Comment