Indonesia Website Awards

Saturday, July 31, 2021

Dirjen Pendis Buka Muktamar ITHLA Indonesia IX Secara Virtual

MTs Arabic - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani membuka muktamar Ittihadu Thalabah Al Lughah Al Arabiyah (ITHLA) Indonesia atau Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Se-Indonesia. Muktamar IX ITHLA Indonesia digelar secara daring pada tanggal 29-30 Juli 2021.

اتحاد طلبة اللغة العربية بإندونيسيا ( Arabic Students Association of Indonesia / Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab se-Indonesia adalah organisasi mahasiswa tingkat nasional yang menaungi mahasiswa jurusan bahasa Arab di Indonesia.

ITHLA dideklarasikan pada tanggal 9 Desember 2012 di Kaliurang, Yogyakarta. Kepengurusan ITHLA di tingkat nasional disebut Dewan Pimpinan Pusat, sedangkan di tingkat wilayah disebut Dewan Pimpinan Wilayah (DPW). Di masa perintisannya, ITHLA terbagi menjadi 5 wilayah. Pada Muktamar IV ITHLA menjadi 6 wilayah meliputi Sumatera, Jawa bagian Barat, Jawa bagian Tengah, Jawa Timur, Indonesia Timur dan Kalimantan. Di masa mendatang, ITHLA akan memiliki lebih banyak wilayah seiring dengan bertambahnya HMJ/HMP/BEMJ Bahasa Arab yang bergabung, dan juga mampu melebarkan sayapnya menuju ITHLA ASEAN bahkan Asia, tentunya dengan kontribusi dan partisipasi teman-teman ITHLA di seluruh penjuru Nusantara.(pen)

Muktamar diikuti oleh 1.500 peserta yang terdiri dari pengurus dan mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Tarjamah, Dirasat Islamiyah dan Bahasa dan Sastra Arab yang dibawahi oleh ITHLA Indonesia.

Direktorat Jenderal Pendidikan Kemenag RI Muhammad Ali Ramdani dalam sambutannya menegaskan bahwa bahasa arab sebagai bahasa dunia kedua yang berarti perlu memahami jendela yang lebih luas sehingga mampu menembus ruang keagamaan.

“Bahasa arab sebagai bahasa dunia kedua dengan perkembangan bahasa yang sangat luas seyogyanya selalu mengedepankan aspek wasatiyyah agar menembus ruang keagamaan yang moderat”, ujar Ramdhani, Kamis (29/07).

Dikatakan Ramdhani, oganisasi tingkat nasional seperti ITHLA sangat perlu membangun aspek wasatiyah yang selalu mengedepankan ke indonesiaan dan kebangsaan untuk kemaslahatan masyarakat luas. “ITHLA perlu membangun aspek wasatiyah yang terus menegakkan ke Indinesaan dan Kebangsaan,” ujarnya.

Kepada Muktamirin ITHLA, Ramdhani berpesan agar ITHLA menjadi organisasi yang berdikari. Selain itu, muktamar ITHLA ke-IX harus menghasilkan keputusan-keputusan yang strategis dan inovatif untuk ITHLA yang jauh lebih maju di masa yang akan datang.

“Pesan Saya terhadap seluruh anggota ITHLA terus mengkampanyekan bahasa arab sebagai bahasa toleransi, ITHLA sebagai wadah anak muda yang meningkatkan talenta bahasa arab dan selalu berjejaring di tingkat internasional,” tutur Ramdhani.

Salam ITHLA !!!

Alumni ITHLA angkatan ke - 2

0 komentar:

Post a Comment

Website ini dilindungi oleh :

Followers

Fanspage MTs Arabic

Pengunjung MTs Arabic

Live Pengunjung

Donasi Pengembangan Website

Indonesia Website Awards

Arsip MTs Arabic

Label

AKM AKSI Analisis Alokasi Waktu Analisis SKL-KI-KD MTs Arsip ATP Bahasa Arab MTs Arsip Bimtek Arsip Buku Kerja Guru Arsip ITHLA Arsip Kurikulum Arsip Kurikulum Darurat Arsip Literasi Digital MTs Arsip MGMP Arsip P3K Kemenag Arsip Pelatihan Arsip Piagam MTs Arabic Arsip PPG Arsip Rapot Arsip Soal Arsip Soal Google Form Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 9 Arsip Surat Arsip TP Bahasa Arab MTs Arsip Webinar Asesmen Madrasah Bab 1 Bab 2 Bab 3 Bab 4 Bab 5 Bab 6 Bahasa Arab MTs Buku Kerja Guru 1 Buku Kerja Guru 2 Buku Kerja Guru 3 Buku Kerja Guru 4 Buku Pegangan Guru dan Siswa ClassPoint CP Bahasa Arab MTs CPNS Daftar Hadir Daftar Nilai Daya Serap Siswa Download E-Learning Bahasa Arab MTs E-Modul Bahasa Arab Evaluasi Diri Kerja Guru Fase D Hari Guru Nasional Ikrar Guru Indonesia Ilmu Nahwu Ilmu Sharaf Indikator Soal Bahasa Arab MTs Indonesia Website Awards 2021 Info Madrasah IPK Jadwal Mengajar Guru Jurnal Agenda Guru Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 KI-KD Bahasa Arab MTs Kisi-kisi Soal KKM Bahasa Arab MTs KMA 183 Tahun 2019 KMA 347 Tahun 2022 Kode Etik Guru Kumpulan Soal Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka MTs Literasi MATERI BAB 1 MATERI BAB 2 MATERI BAB 3 MATERI BAB 4 MATERI BAB 5 MATERI BAB 6 Materi Bahasa Arab MTs Media Pembelajaran Modul 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4 Modul 5 Modul 6 Modul Ajar Modul Bahasa Arab Modul Bahasa Arab P3K Modul Pedagogik Modul Pedagogik P3K Motivasi Olimpiade Bahasa Arab Pelatihan Dugi Academy Pembiasaan Guru Madrasah Penilaian Akhir Semester Penilaian Akhir Semester Kelas 7 Penilaian Akhir Semester Kelas 8 Penilaian Akhir Semester Kelas 9 Penilaian Akhir Tahun Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Perangkat Pembelajaran Perbaikan Soal PPPK Program Semester Program Tahunan Quizizz Remedial dan Pengayaan RPP 1 Lembar SEMESTER 1 SEMESTER 2 Silabus Bahasa Arab MTs Soal AKM Bahasa Arab Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 7 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 8 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 9 Tata Tertib Guru Tindak Lanjut Kerja Guru Tutorial Ujian Madrasah