Contoh Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab
MTs Arabic - Kegiatan pembelajaran (al-ta’lim/al-tadris) yaitu proses yang identik dengan kegiatan mengajar yang dilakukan guru sebagai arsitek kegiatan belajar, agar terjadi kegiatan belajar. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi IV (2008:23) dikatakan bahwa pembelajaran berasal dari kata dasar “ ajar” yang ditambah dengan awalan “pe” dan akhiran “an” menjadi “pembelajaran”, yang berarti proses, perbuatan,, cara mengajar atau mengajakan sehingga anak didik mau belajar. Sedangkan Bahaudin menjelaskan bahwa pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Kegiatan pembelajaran tampaknya lebih dari sekedar mengajar, tetapi juga upaya membangkitkan minat, motivasi, dan pemolesan aktifitas pelajar, agar kegiatan mereka menjadi dinamis. Pengertian pembelajaran adalah suatu upaya membelajarkan siswa untuk belajar yang mana guru bertindak sebagai fasilitator untuk membelajarkan siswa.Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dengan penyelenggaraan jenis dan tingkat pendidikan .
Di samping itu, ada pula sebagaian orang yang memandang belajar sebagai latihan belaka seperti yang tampak pada latihan membaca dan menulis. Menurut Oemar Hamalik, pembelajaran adalah suatu komunikasi yang tersusun meliputi unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan danprosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran, dalam hal ini manusia terlibat dalam sistem pengajaran terdiri dari siswa, guru dan tenaga lainnya.
Menurut Nana Sudjana bahwa pembelajaran adalah setia pupaya yang sistematis dan disengaja oleh pendidik untuk menciptakan kondisi-kondisi agar peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran terjadi interaksi antara guru dan siswa, di satu sisi guru melakukan sebuah aktivitas yang membawa anak kearah tujuan, lebih dari itu anak atau siswa dapat melakukan serangkaian kegiatan yang telah direncanakan oleh guru yaitu kegiatan belajar yang terarah pada tujuan yangingin dicapai.Dengan demikian, pembelajaran bahasa Arab dapat didefinisikansuatu upaya membelajarkan siswa untuk belajar bahasa Arab dengan guru sebagai fasilitator dengan mengorganisasikan berbagai unsur untuk memperoleh tujuan yang ingin dicapai.Dalam pembelajaran bahasa Arab hendaknya mengacu pada upayamembina dan mengembangkan keempat segi kemampuan bahasa, yaitu:kemampuan menyimak (istima'), berbicara (takallum), membaca (qiro'ah), dan menulis (kitabah), agar mampu memahami bahasa, baik melalui pendengaran maupun tulisan (reseptif),dan mampu mengutarakan pikiran danperasaan.
Dari pengertian di atas, berikut ini saya arsipkan contoh-contoh kegiatan pembelajaran, terkhusus untuk pembelajaran Bahasa Arab baik untuk MI, MTs maupun MA, sebagai lampiran dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang akan dipersiapkan.
1. Kegiatan Pembelajaran Mufradat
2. Kegiatan Pembelajaran Maharatul Qiroah
3. Kegiatan Pembelajaran Hiwar
4. Kegiatan Pembelajaran Tarkib
5. Kegiatan Pembelajaran Maharatul Kitabah
Jika memang sesuai, silahkan dicoba lampirkan di rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
Semoga bermanfaat.
Salam Admin,
Diambil dari berbagai sumber.
0 komentar:
Post a Comment