Latihan Soal PAT Bahasa Arab MTs Kelas 7 Google Form Tahun Pelajaran 2021-2022
MTs Arabic - Dengan berakhirnya proses pembelajaran Bahasa Arab khususnya jenjang Madrasah Tsanawiyah di seluruh nusantara, maka agenda rutinan selanjutnya adalah melaksanakan Penilaian Akhir Tahun. Kegiatan yang dikenal juga dengan istilah Ulangan Akhir Semester, Ujian Kenaikan Kelas tersebut merupakan salah satu jenis penilaian yang dilaksanakan oleh madrasah di akhir tahun pelajaran.
Adapun guru-guru, khususnya Guru Bahasa Arab memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama pentingnya dengan pengajaran. Dalam satu analisis, guru bisa menghabiskan 20 sampai 30 persen waktu mereka untuk menghadapi persoalan penilaian. Oleh karena itu, dengan banyaknya waktu untuk penilaian, semestinya penilaian itu dilakukan dengan baik dan benar. Guru yang kompeten harus melakukan penilaian sesuai dengan konteks tujuan pembelajaran dan mengadaptasi pembelajaran sesuai dengan penilaiannya serta menindaklanjuti hasil penilaian untuk kemajuan peserta didiknya. Pendidik melakukan penilaian hasil belajar dalam bentuk ulangan, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan.
Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk:
(1) mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik;
(2) memperbaiki proses pembelajaran;
(3) menentukan perlakuan dan pendampingan demi kemajuan peserta didik secara berkelanjutan; dan
(4) menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tengah semester, akhir semester, akhir tahun dan/atau kenaikan kelas.
Pendidik melaksanakan penilaian dengan mekanisme sebagai berikut:
1) Perancangan strategi penilaian oleh pendidik dilakukan pada saat penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus;
Lebih lengkap lihat perangkat perangkat pembelajaran bahasa Arab MTs di bawah ini :
Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab MTs Kelas 7
2) Penilaian aspek sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan dan teknik penilaian lain yang relevan, dan pelaporannya menjadi tanggung jawab wali kelas atau guru kelas;
3) Penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai;
4) Penilaian keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, dan/atau teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai;
5) Peserta didik yang belum mencapai KKM satuan pendidikan harus mengikuti pembelajaran remedi;
6) Hasil penilaian dijadikan dasar untuk memberi umpan balik kepada peserta didik. Guru dalam hal ini harus memastikan bahwa peserta didik mengetahui apa kekurangannya dalam pencapaian kompetensi, bagaimana mengatasi kekurangan/ kendala yang dihadapi, dan memastikan peserta didik bersedia melakukan tindakan untuk memperbaiki diri dari kekurangannya. Dengan demikian proses penilaian akan meningkatkan motivasi belajar dan menjadikan perubahan perilaku peserta didik lebih baik; dan
7) Hasil penilaian pencapaian pengetahuan dan keterampilan peserta didik disampaikan dalam bentuk angka dan/atau deskripsi. ( KMA No. 183 Tahun 2019 Halaman 71 - 72 )
Sembari menunggu kegiatan Penilaian Akhir Tahun dilaksanakan di setiap madrasah seluruh nusantara, berikut saya buatkan latihan online soal PAT bahasa arab dalam bentuk google form, dibuat khusus dalam rangka latihan bagi para siswa/siswi kelas 7 jenjang Madrasah Tsanawiyah seluruh Indonesia dimanapun berada, dengan bimbingan para guru mata pelajaran Bahasa Arabnya masing-masing.
Semoga dengan adanya latihan ini, guru bahasa Arab di setiap madrasah dapat mengukur kemampuan para siswanya dalam:
Memahami materi Bahasa Arab Kelas 7 pada bab 4
Memahami materi Bahasa Arab Kelas 7 pada bab 5
Memahami materi Bahasa Arab Kelas 7 pada bab 6
Begitupun bagi siswa/siswi yang mengisi soal Penilaian Akhir Tahun Bahasa Arab Kelas 7 Tahun Pelajaran 2020-2021 ini dapat mengisi soal yang akan diujikan nanti sesuai dengan ilmu yang sudah didapatkan selama pembelajaran.
Semoga bermanfaat.
Selamat latihan.
A. Naskah Soal Latihan
B. Rekap Nilai Latihan Soal PAT
0 komentar:
Post a Comment