Indonesia Website Awards

Monday, September 1, 2025

Materi Pokok Kurikulum Berbasis Cinta di dalam Pembelajaran

Panca Cinta: Lima Topik Kurikulum Cinta

Cakupan topik dan materi cinta sangatlah luas. Namun, untuk mempermudah proses integrasi ke dalam kurikulum, Kurikulum Berbasis Cinta (KBC) disusun dalam lima topik utama yang terbagi ke dalam tiga bagian:

1. Bagian Pertama: Sumber Cinta

Bagian ini menekankan bahwa sumber cinta adalah Allah dan Rasul-Nya. Fokusnya pada:

  • Sifat-sifat Allah yang penuh kasih sayang.
  • Keteladanan Rasulullah saw. yang penuh cinta dalam ucapan, sikap, dan perilaku.

    2. Bagian Kedua: Tanda Cinta

    Sebagaimana dijelaskan dalam paradigma KBC, secara ontologis alam semesta adalah pancaran (tajalli) cinta Allah, yang menjadi tanda kehadiran-Nya. Allah berfirman:

    “Ke mana pun kamu menghadapkan wajah, maka akan tampak wajah Allah.” (QS. Al-Baqarah: 115)

    Pada bagian ini, urutan topik meliputi:

    “Kami perlihatkan tanda-tanda Kami di ufuk (alam semesta) dan pada diri mereka.” (QS. Fusilat: 53)
    Oleh karena itu, perhatian terhadap alam diletakkan sebelum cinta pada diri sendiri dan sesama manusia.

      3. Bagian Ketiga: Tali Cinta

      Bagian ini membahas hubungan (relasi) cinta manusia dalam berbagai lingkup:

      • Cinta pada diri sendiri → menjaga kesehatan, martabat, dan kehormatan diri.
      • Cinta pada sesama manusia → membangun kasih sayang, persaudaraan, dan solidaritas.
      • Cinta pada negara/bangsa → mewujudkan cinta tanah air sebagai bagian dari iman.


        1) Tema Cinta Allah Swt. dan Rasul-Nya

        Tujuan:

        • Menumbuhkan pemahaman mengenai sifat Allah yang Maha Cinta serta Rasulullah sebagai sosok teladan penuh cinta.
        • Mengenal sifat jamaliyah (keindahan) dan jalaliyah (ketegasan) Allah secara lebih seimbang, sehingga citra Allah yang selama ini digambarkan sebagai Maha Penghukum akan tergantikan oleh citra yang lebih tepat.
        • Memahami bahwa welas asih (rahmah) Allah lebih dominan daripada murka (ghadhab)-Nya, sehingga akan tumbuh rasa cinta (bukan paksaan) dalam beribadah kepada Allah, menjalankan sunnah Rasulullah, serta berkhidmat kepada sesama manusia dan lingkungan.

        Materi:

        • Keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. sebagai inti dan muara kehidupan.
        • Mengenal Asmaul Husna untuk meneladani sifat-sifat mulia Allah Swt., seperti ar-Rahman (Maha Pengasih), ar-Rahim (Maha Penyayang), al-‘Adl (Maha Adil), al-Latif (Maha Lembut), dan ar-Rauf (Maha Penyantun).
        • Ibadah sebagai wujud cinta kepada Allah Swt., meliputi salat, doa, zikir, dan membaca Al-Qur’an dengan khusyu.
        • Mensyukuri nikmat Allah Swt. melalui rasa syukur yang diwujudkan dalam perilaku sehari-hari.
        • Mempelajari sejarah kehidupan Rasulullah saw. (Sirah Nabawiyah) dalam membangun kasih sayang di tengah masyarakat.
        • Mempraktikkan sifat-sifat Rasulullah, seperti cerdas, jujur, amanah, lemah lembut, dan dermawan.
        • Mempelajari hadis-hadis yang mengajarkan cinta dan akhlak mulia.

        2) Tema Cinta Ilmu

        Tujuan:

        Menumbuhkan pemahaman bahwa dengan ilmu, manusia mampu membukakan tabir keagungan penciptaan serta menemukan hikmah di balik setiap syariat. Melalui pemahaman yang mendalam tentang alam semesta, sejarah, dan ajaran agama, kita akan merasakan getaran cinta Ilahi yang universal.

        Materi:

        • Pilar sukses mencari ilmu: niat, tekun, tawakal, wara’, yakin, dan syukur.
        • Alat transformasi sosial dan global
        • Literasi sebagai sumber ilmu
        • Pembelajar sepanjang hayat
        • Adab kepada guru
        • Pemanfaatan teknologi merasakan getaran cinta Ilahi yang universal.
        • Inovasi dan penalaran kritis
        • Ilmu penuntun keseimbangan hidup
        • Ilmu dalam konteks keberagaman sejarah, sosial, dan budaya
        • Sumber ilmu (qauliyah dan kauniyah).

        3) Tema Cinta Lingkungan:

        Tujuan:

        Memahami alam semesta sebagai manifestasi cinta dan kebesaran Allah sehingga tumbuh sikap hormat dan kasih sayang terhadap lingkungan.

        Membangun relasi yang tidak transaksional dengan alam, tetapi dilandasi cinta dan kepedulian sebagaimana terhadap diri sendiri.

        Menghayati sunnatullah sebagai sistem keseimbangan ciptaan Allah yang perlu dijaga dan dihormati demi keberlanjutan kehidupan.

        Materi:

        • Penguatan bahwa Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin (rahmat bagi seluruh alam).
        • Adab pada alam dan lingkungan.
        • Menghindari fasad; larangan merusak lingkungan (QS. Al-A’raf: 56 dan QS. Ar-Rum: 41).
        • Praktik menjaga kebersihan (thaharah) dan hemat energi (larangan israf).

        4) Tema Cinta Diri dan Sesama Manusia:

        Tujuan:

        Menumbuhkan pemahaman bahwa diri adalah manifestasi (tajalli) dari cinta Allah, sehingga murid mampu mengenal Allah melalui pengenalan diri. Hal ini akan mendorong murid untuk bersyukur dan merawat potensi dirinya sebagai karunia ilahi.

        Menumbuhkan sikap syukur pada diri melalui penerapan selfcompassion, yaitu mengembangkan welas asih terhadap diri sendiri dengan memenuhi hakhak dasar fisik, emosi, dan spiritual secara seimbang, sehingga murid dapat menjadi individu yang utuh dan berdaya.

        Menguasai keterampilan Social Emotional Skill (SES) untuk menjadi pengendali emosi yang efektif, bukan sebaliknya, sehingga murid memiliki kesejahteraan mental (mental health) yang baik dan seimbang, serta mampu menghadapi tantangan hidup dengan positif.

        Memahami hakikat kesatuan manusia sebagai satu kesatuan yang setara dan saling terhubung, sehingga murid akan menyadari bahwa mencintai dan menghargai orang lain adalah cerminan dari menghargai dan mencintai diri sendiri.

        Memahami keragaman sebagai bagian dari sunnatullah dan fitrah kehidupan, sehingga murid dapat menerima perbedaan sebagai kekayaan, bukan hambatan.

        Memahami dan menerapkan prinsipprinsip persaudaraan kemanusiaan, seperti tasamuh (toleransi), tawasuth (moderat), syura (musyawarah), dan lainnya dalam interaksi sosial, sehingga murid dapat membangun hubungan yang harmonis dan penuh kedamaian di tengah masyarakat.

        Materi:

        5) Tema Cinta Tanah Air:

        Tujuan:

        Menumbuhkan semangat cinta tanah air sebagai bagian dari iman.

        Materi:

        • Ajaran Islam tentang ukhuwah wathaniyah (persaudaraan kebangsaan).
        • Konsep cinta tanah air dalam Islam (Hubbul Wathan minal Iman).
        • Menghormati perbedaan suku, budaya, dan agama dalam bingkai persatuan (QS. AlHujurat: 13).
        • Menjaga kedaulatan dan keamanan negara dengan berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

        Semoga bermanfaat.

        Sumber:

        Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 6077 Tahun 2025, hlm. 26-30

        0 komentar:

        Post a Comment

        Website ini dilindungi oleh :

        Followers

        Fanspage MTs Arabic

        Pengunjung MTs Arabic

        Live Pengunjung

        Indonesia Website Awards

        Arsip MTs Arabic

        Label

        AKM AKSI Analisis Alokasi Waktu Analisis SKL-KI-KD MTs Arsip ATP Bahasa Arab MTs Arsip Bimtek Arsip Buku Kerja Guru Arsip ITHLA Arsip Kurikulum Arsip Kurikulum Darurat Arsip Literasi Digital MTs Arsip MGMP Arsip P3K Kemenag Arsip Pelatihan Arsip Piagam MTs Arabic Arsip PPG Arsip Rapot Arsip Soal Arsip Soal Google Form Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 9 Arsip Surat Arsip TP Bahasa Arab MTs Arsip Webinar Asesmen Madrasah Bab 1 Bab 2 Bab 3 Bab 4 Bab 5 Bab 6 Bahasa Arab Bahasa Arab MTs Buku Kerja Guru 1 Buku Kerja Guru 2 Buku Kerja Guru 3 Buku Kerja Guru 4 Buku Pegangan Guru dan Siswa ClassPoint CP Bahasa Arab MTs CPNS Daftar Hadir Daftar Nilai Daya Serap Siswa Deep Learning Download E-Learning Bahasa Arab MTs E-Modul Bahasa Arab Evaluasi Diri Kerja Guru Fase D Hari Guru Nasional Ikrar Guru Indonesia Ilmu Nahwu Ilmu Sharaf Indikator Soal Bahasa Arab MTs Indonesia Website Awards 2021 Info Madrasah IPK Jadwal Mengajar Guru Jurnal Agenda Guru KBC Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 KI-KD Bahasa Arab MTs Kisi-kisi Soal KKM Bahasa Arab MTs KMA 183 Tahun 2019 KMA 347 Tahun 2022 Kode Etik Guru Kumpulan Soal Kurikulum Berbasis Cinta Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka MTs Literasi MATERI BAB 1 MATERI BAB 2 MATERI BAB 3 MATERI BAB 4 MATERI BAB 5 MATERI BAB 6 Materi Bahasa Arab MTs Media Pembelajaran Modul 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4 Modul 5 Modul 6 Modul Ajar Modul Bahasa Arab Modul Bahasa Arab P3K Modul Pedagogik Modul Pedagogik P3K Modul Profesional PPG Motivasi Naskah Akademik Olimpiade Bahasa Arab Pelatihan Dugi Academy Pembelajaran Mendalam Pembiasaan Guru Madrasah Penilaian Akhir Semester Penilaian Akhir Semester Kelas 7 Penilaian Akhir Semester Kelas 8 Penilaian Akhir Semester Kelas 9 Penilaian Akhir Tahun Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Perangkat Pembelajaran Perbaikan Soal PPPK Program Semester Program Tahunan Quizizz Remedial dan Pengayaan RPP 1 Lembar SEMESTER 1 SEMESTER 2 Silabus Bahasa Arab MTs Soal AKM Bahasa Arab Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 7 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 8 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 9 Tata Tertib Guru Tindak Lanjut Kerja Guru Tutorial Ujian Madrasah Wayground Wayground Arabic Wayground PAI Bahasa Arab