Indonesia Website Awards

Friday, February 19, 2021

Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MTs Tahun Pelajaran 2020-2021

MTs Arabic - Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah meliputi;

1) Penilaian harian (PH) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih;

2) Penilaian Akhir Semester (PAS) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester ganjil;

3) Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap; dan

4) Ujian Madrasah (UM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.

Ujian Madrasah (UM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. UM diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Ujian Madrasah adalah alternatif ujian akhir yang diselenggarakan oleh madrasah setelah Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAM-BN) ditiadakan. Maka dari itu, terbitlah Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 752 Tahun 2021 tentang POS Penyelenggaraan UM Tahun Pelajaran 2020/2021. Baca selanjutnya tentang POS Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021, disini.

Adapun dalam artikel ini, saya hanya menulis informasi mengenai kisi-kisi UM Mapel Bahasa Arab khususnya jenjang Madrasah Tsanawiyah.

Merevisi dari informasi yang saya share disini, Jadi, kisi-kisi soal sudah ditentukan oleh Pusat. Artinya, guru hanya menyusun soal sesuai dengan kisi-kisi tersebut. Alhamdulillah.

Kisi-kisi Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab jenjang MTs terdiri dari 60 butir yang dituangkan dalam bentuk indikator soal, yang nantinya dapat dikembangkan oleh guru ketika proses penyusunan naskah soal atau disesuaikan dengan persetujuan di tingkat KKM, MGMP, atau madrasahnya langsung mengenai jumlah soal yang akan disusun dan kemudian digandakan dan/atau diinput pada aplikasi ujian yang digunakan pada setiap madrasah. Pada dasarnya, kisi-kisi tersebut memang bersumber dari materi-materi dari kelas 7 sampai kelas 9, hanya saja, indikator soal yang disediakan oleh Pusat diambil beberapa saja dari setiap materi per bab nya. Intinya kembali ke kebutuhan.

Berikut saya ringkas indikator soal yang tercantum dalam kisi-kisi Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MTs Tahun Pelajaran 2020-2021.

Materi Kelas 7 :

Bab 1 - التعارف terdiri dari 2 indikator soal

Bab 2 - المرافق المدرسية terdiri dari 1 indikator soal

Bab 3 - الأدوات المدرسية terdiri dari 1 indikator soal

Bab 4 - العنوان terdiri dari 2 indikator soal

Bab 5 - البيت terdiri dari 2 indikator soal

Bab 6 - من يوميات الأسرة terdiri dari 2 indikator soal

Materi Kelas 8 :

Bab 1 - الساعة terdiri dari 2 indikator soal

Bab 2 - يومياتنا terdiri dari 5 indikator soal

Bab 3 - الهواية terdiri dari 1 indikator soal

Bab 4 - الرياضة terdiri dari 4 indikator soal

Bab 5 - المهن terdiri dari 4 indikator soal

Bab 6 - عيادة المرضى terdiri dari 4 indikator soal

Materi Kelas 9 :

Bab 1 - رأس السنة الهجرية terdiri dari 5 indikator soal

Bab 2 - الحفل بمولد الرسول terdiri dari 5 indikator soal

Bab 3 - نزول القرآن و العيدان terdiri dari 8 indikator soal

Bab 4 - جمال الطبيعة terdiri dari 4 indikator soal

Bab 5 - خالق العالم terdiri dari 4 indikator soal

Bab 6 - الحفاظ على البيئة terdiri dari 4 indikator soal

Baca juga Materi Lengkap Bahasa Arab MTs Kelas 7 sampai Kelas 9 di bawah ini.

Materi Bahasa Arab MTs Kelas 7 :

Materi Bab 1 Bahasa Arab MTs Kelas 7 Semester Ganjil

Materi Bab 2 Bahasa Arab MTs Kelas 7 Semester Ganjil

Materi Bab 3 Bahasa Arab MTs Kelas 7 Semester Ganjil

Materi Bab 4 Bahasa Arab MTs Kelas 7 Semester Genap

Materi Bab 5 Bahasa Arab MTs Kelas 7 Semester Genap

Materi Bab 6 Bahasa Arab MTs Kelas 7 Semester Genap

Materi Bahasa Arab MTs Kelas 8 :

Materi Bab 1 Bahasa Arab MTs Kelas 8 Semester Ganjil

Materi Bab 2 Bahasa Arab MTs Kelas 8 Semester Ganjil

Materi Bab 3 Bahasa Arab MTs Kelas 8 Semester Ganjil

Materi Bab 4 Bahasa Arab MTs Kelas 8 Semester Genap

Materi Bab 5 Bahasa Arab MTs Kelas 8 Semester Genap

Materi Bab 6 Bahasa Arab MTs Kelas 8 Semester Genap

Materi Bahasa Arab MTs Kelas 9 :

Materi Bab 1 Bahasa Arab MTs Kelas 9 Semester Ganjil

Materi Bab 2 Bahasa Arab MTs Kelas 9 Semester Ganjil

Materi Bab 3 Bahasa Arab MTs Kelas 9 Semester Ganjil

Materi Bab 4 Bahasa Arab MTs Kelas 9 Semester Genap

Materi Bab 5 Bahasa Arab MTs Kelas 9 Semester Genap

Materi Bab 6 Bahasa Arab MTs Kelas 9 Semester Genap

Sembari menunggu jadwal pasti Pelaksanaan UM di madrasah bapak/ibu, di bawah ini saya lampirkan file lengkap kisi-kisi soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab khusus untuk jenjang Madrasah Tsanawiyyah.

1. Disajikan teks bacaan tentang التعارف, peserta didik dapat mengartikan dari bahasa arab ke bahasa indonesia dengan tepat.

2. Disajikan teks hiwar tentang التعارف, peserta didik dapat menerapkan penggunaan هَلْ – مِنْ أَيْنَ dengan tepat.

3. Disajikan teks hiwar tentang اَلْمُرَافِقُ الْمَدْرَسِيَّة, peserta didik dapat mengartikan gambar dengan tepat

4. Disajikan gambar tentang اَلْأَدَوَأتُ الْمَدْرَسِيَّة, didik peserta dapat mengartikan dengan tepat.

5. Disajikan teks qiro’ah tentang اَلْعُنْوَانُ, peserta didik dapat mengidentifikasi alamat sekolah dengan tepat

6. Disajikan teks hiwar tentang اَلْعُنْوَانُ, peserta didik dapat menerapkan susunan gramatikal tentang أَرْقَام dengan tepat.

7. Disajikan gambar ruangan di rumah, peserta didik dapat mengartikan dengan tepat.

8. Disajikan kalimat tentang مُبْتَدَأ + خَبَر peserta didik dapat menentukan kalimat dengan susunan gramatikal خَبَر مُقَدَّم + مُبْتَدَأ خَبَر dengan tepat

9. Disajikan gambar tentang مِنْ يَوْمِيَّاتِ الْأُسْرَةِ, peserta didik dapat mengartikan dengan tepat

10. Disajikan teks bacaan rumpang tentang مِنْ يَوْمِيَّاتِ الْأُسْرَةِ, peserta didik dapat menerapkan تَصْرِيْف فِعْلِ الْمُضَارِع dengan tepat.

11. Disajikan gambar tentang اَلسَّاعَة, peserta didik dapat mengartikan makna kalimat sesuai gambar dengan tepat.

12. Disajikan teks bacaan tentang اَلسَّاعَة, peserta didik dapat menerapkan susunan gramatikal dengan tepat

13. Disajikan teks bacaan tentang يَوْمِيَّاتُنَا, peserta didik dapat menentukan kegiatan sehari-hari di rumah dengan tepat.

14. Disajikan teks bacaan tentang يَوْمِيَّاتُنَا, peserta didik dapat menentukan kegiatan sehari-hari di sekolah dengan tepat.

15. Disajikan teks bacaan tentang يَوْمِيَّاتُنَا فِي الْمَدْرَسَةِ, peserta didik dapat menyimpulkan teks dengan tepat.

16. Disajikan 5 kalimat tentang اَلْجُمْلَةُ الْإِسْمِيَّةُ, peserta didik dapat mengidentifikasi jumlah ismiyah dalam kalimat dengan tepat

17. Disajikan kalimat rumpang tentang يَوْمِيَّاتُنَا, peserta didik dapat menerapkan struktur kalimat dengan tepat.

18. Disajikan teks bacaan rumpang, peserta didik dapat menerapkan struktur kalimat dengan tepat.

19. Disajikan gambar tentang اَلرِّيَاضَة, peserta didik dapat mengartikan makna kalimat dengan tepat.

20. Disajikan teks bacaan tentang اَلرِّيَاضَة, peserta didik dapat menentukan pokok pikiran dari teks tersebut dengan tepat.

21. Disajikan 5 kalimat yang berhubungan dengan اَلرِّيَاضَة, peserta didik dapat menganalisis أَنْ، لَنْ، لِ dalam kalimat tersebut dengan tepat

22. Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat menerapkan susunan gramatikal tentang أَنْ، لَنْ، لِ dengan tepat.

23. Disajikan gambar tentang اَلْمِهْنَةُ, peserta didik dapat mengartikan makna kalimat dengan tepat.

24. Disajikan teks bacaan tentang اَلْمِهْنَةُ, peserta didik dapat menyimpulkan teks dengan tepat.

25. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat mengkonstruksi fiil mudhori’ menjadi mashdar dengan tepat.

26. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menemukan bentuk mashdar dalam teks dengan tepat.

27. Disajikan gambar tentang عِيَادَةُ الْمَرِضَى, peserta didik dapat mengartikan makna kalimat dengan tepat.

28. Disajikan teks bacaan tentang عِيَادَةُ الْمَرِضَى, peserta didik dapat menyimpulkan teks dengan tepat.

29. Di sajikan teks bacaan rumpang, peserta didik dapat menerapkan fiil madhi sesuai dhomir dengan tepat.

30. Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat menemukan fiil madhi dalam teks dengan tepat.

31. Disajikan 3 kalimat acak tentang رَأْسُ السَّنَةِ الْهِجْرِيَّةِ, peserta didik dapat mengurutkan kalimat dengan tepat

32. Disajikan teks naratif sederhana tentang رَأْسُ السَّنَةِ الْهِجْرِيَّةِ, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi dengan tepat

33. Disajikan kalimat rumpang tentang رَأْسُ السَّنَةِ الْهِجْرِيَّةِ, peserta didik dapat menerapkan susunan gramatikal تَصْرِيْفُ فِعْلِ الْمَاضِي مُجَرَّد dengan tepat

34. Disajikan teks bacaan rumpang tentang رَأْسُ السَّنَةِ الْهِجْرِيَّةِ, peserta didik dapat menerapkan susunan gramatikal تَصْرِيْفُ فِعْلِ الْمَاضِي مُجَرَّد dengan tepat

35. Disajikan teks naratif tentang رَأْسُ السَّنَةِ الْهِجْرِيَّةِ, peserta didik dapat menyimpulkan isi teks dengan tepat

36. Disajikan teks naratif tentang اَلْحَفْلُ بْمَوْلِدِ الرَّسُوْل, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi sesuai teks dengan tepat

37. Disajikan gambar tentang اَلْحَفْلُ بْمَوْلِدِ الرَّسُوْل, peserta didik dapat mengartikan makna kalimat dengan tepat

38. Disajikan 4 kalimat acak tentang اَلْحَفْلُ بْمَوْلِدِ الرَّسُوْل, peserta didik dapat menyusun kalimat dengan tepat

39. Disajikan kalimat rumpang tentang اَلْحَفْلُ بْمَوْلِدِ الرَّسُوْل, peserta didik dapat menerapkan susunan gramatikal كَانَ وَ إِسْمُهَا وَ خَبَرُهَا الْمُفْرَد dengan tepat

40. Disajikan 4 kalimat tentang اَلْحَفْلُ بْمَوْلِدِ الرَّسُوْل, peserta didik dapat menganalisis susunan كَانَ وَ إِسْمُهَا وَ خَبَرُهَا الْمُفْرَد dengan tepat

41. Disajikan teks dialog tentang نُزُوْلُ الْقُرْآن, peserta didik dapat menemukan makna kalimat dengan tepat.

42. Disajikan kalimat rumpang tentang نُزُوْلُ الْقُرْآن, peserta didik dapat menerapkan susunan gramatikal dengan tepat

43. Disajikan teks bacaan tentang عِيْدُ الْفِطْرِ, peserta didik dapat mengidentifikasi informasi dari teks dengan tepat.

44. Disajikan 6 kata acak tentang عِيْدُ الْفِطْرِ, peserta didik dapat mengurutkan kata dengan tepat

45. Disajikan gambar tentang عِيْدُ الْأَضْحَى, peserta didik dapat mengartikan makna kalimat dengan tepat

46. Disajikan 4 kalimat acak tentang عِيْدُ الْأَضْحَى, peserta didik dapat menyusun kalimat dengan tepat

47. Disajikan 4 kalimat tentang نُزُوْلُ الْقُرْآن, peserta didik dapat menganalisis susunan gramatikal dengan tepat

48. Disajikan 4 kalimat acak tentang نُزُوْلُ الْقُرْآن, peserta didik dapat menyusun kalimat dengan tepat

49. Disajikan gambar tentang جَمَالُ الطِّبِيْعَةِ, peserta didik dapat mengartikan makna kalimat dengan tepat

50. Disajikan teks bacaan rumpang tentang جَمَالُ الطِّبِيْعَةِ, peserta didik dapat menerapkan فِعْلُ الْأَمْر وَ تَصْرِيْفِهِ sesuai dhomir dengan tepat.

51. Disajikan teks bacaan tentang جَمَالُ الطِّبِيْعَةِ, peserta didik dapat merumuskan pokok pikiran dengan tepat

52. Disajikan 4 kalimat tentang جَمَالُ الطِّبِيْعَةِ, peserta didik dapat menganalisis فِعْلُ الْأَمْر وَ تَصْرِيْفِهِ dengan tepat

53. Disajikan gambar tentang خَالِقُ الْعَالَم, peserta didik dapat mengartikan makna kalimat dengan tepat

54. Disajikan kalimat rumpang tentang خَالِقُ الْعَالَم, peserta didik dapat menerapkan اِسْمُ الْمَوْصُوْل dengan tepat

55. Disajikan teks bacaan tentang خَالِقُ الْعَالَم, peserta didik dapat menyimpulkan isi teks dengan tepat

56. Disajikan 4 kalimat tentang خَالِقُ الْعَالَم, peserta didik dapat menganalisis اِسْمُ الْمَوْصُول dengan tepat

57. Disajikan gambar tentang اَلْحِفَاظُ عَلَى البِيْئَة, peserta didik dapat mengartikan makna kalimat dengan tepat

58. Disajikan kalimat rumpang tentang اَلْحِفَاظُ عَلَى البِيْئَة, peserta didik dapat menerapkan اِسْمُ التَّفْضِيْل + مِنْ dengan tepat.

59. Disajikan kalimat rumpang tentang اَلْحِفَاظُ عَلَى البِيْئَة, peserta didik dapat menerapkan اِسْمُ التَّفْضِيْل + جَمْع dengan tepat

60. Disajikan teks bacaan tentang اَلْحِفَاظُ عَلَى البِيْئَة, peserta didik dapat menyimpulkan teks dengan tepat

Berikut link download nya :

Kisi-kisi Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MTs TP 2020-2021

Download

Demikian artikel Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab jenjang MTs Tahun Pelajaran 2020-2021 sebagai panduan bapak/ibu untuk mempermudah menyusun soal Ujian Madrasah yang insya Allah sudah dijadwalkan dari tanggal 15 Maret s.d 10 April 2021. Semoga الله memudahkan kita dalam proses penyusunan soal tersebut sesuai dengan yang diharapkan.

Semoga informasi di atas bermanfaat.

Salam,

Admin MTs Arabic

Baca juga :

Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab Jenjang MI

Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab Jenjang MA

1 comment:

  1. Butuh banget file nya buat referensi, tolong dizinkan untuk akses🙏

    ReplyDelete

Website ini dilindungi oleh :

Followers

Fanspage MTs Arabic

Pengunjung MTs Arabic

Live Pengunjung

Donasi Pengembangan Website

Indonesia Website Awards

Arsip MTs Arabic

Label

AKM AKSI Analisis Alokasi Waktu Analisis SKL-KI-KD MTs Arsip ATP Bahasa Arab MTs Arsip Bimtek Arsip Buku Kerja Guru Arsip ITHLA Arsip Kurikulum Arsip Kurikulum Darurat Arsip Literasi Digital MTs Arsip MGMP Arsip P3K Kemenag Arsip Pelatihan Arsip Piagam MTs Arabic Arsip PPG Arsip Rapot Arsip Soal Arsip Soal Google Form Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 9 Arsip Surat Arsip TP Bahasa Arab MTs Arsip Webinar Asesmen Madrasah Bab 1 Bab 2 Bab 3 Bab 4 Bab 5 Bab 6 Bahasa Arab MTs Buku Kerja Guru 1 Buku Kerja Guru 2 Buku Kerja Guru 3 Buku Kerja Guru 4 Buku Pegangan Guru dan Siswa ClassPoint CP Bahasa Arab MTs CPNS Daftar Hadir Daftar Nilai Daya Serap Siswa Download E-Learning Bahasa Arab MTs E-Modul Bahasa Arab Evaluasi Diri Kerja Guru Fase D Hari Guru Nasional Ikrar Guru Indonesia Ilmu Nahwu Ilmu Sharaf Indikator Soal Bahasa Arab MTs Indonesia Website Awards 2021 Info Madrasah IPK Jadwal Mengajar Guru Jurnal Agenda Guru Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 KI-KD Bahasa Arab MTs Kisi-kisi Soal KKM Bahasa Arab MTs KMA 183 Tahun 2019 KMA 347 Tahun 2022 Kode Etik Guru Kumpulan Soal Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka MTs Literasi MATERI BAB 1 MATERI BAB 2 MATERI BAB 3 MATERI BAB 4 MATERI BAB 5 MATERI BAB 6 Materi Bahasa Arab MTs Media Pembelajaran Modul 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4 Modul 5 Modul 6 Modul Ajar Modul Bahasa Arab Modul Bahasa Arab P3K Modul Pedagogik Modul Pedagogik P3K Motivasi Olimpiade Bahasa Arab Pelatihan Dugi Academy Pembiasaan Guru Madrasah Penilaian Akhir Semester Penilaian Akhir Semester Kelas 7 Penilaian Akhir Semester Kelas 8 Penilaian Akhir Semester Kelas 9 Penilaian Akhir Tahun Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Perangkat Pembelajaran Perbaikan Soal PPPK Program Semester Program Tahunan Quizizz Remedial dan Pengayaan RPP 1 Lembar SEMESTER 1 SEMESTER 2 Silabus Bahasa Arab MTs Soal AKM Bahasa Arab Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 7 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 8 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 9 Tata Tertib Guru Tindak Lanjut Kerja Guru Tutorial Ujian Madrasah