Indonesia Website Awards

Saturday, March 27, 2021

Ditjen Pendis Lakukan Penilaian Angka Kredit bagi Guru dan Tendik Madrasah

"Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) melaksanakan kegiatan Penilaian Angka Kredit (PAK) Guru dan Pengawas, sebagai tahap awal proses transisi menuju PAK berbasis digital. Kegiatan ini berlangsung pada 23-27 Maret 2021 di Bogor."

MTs Arabic - Proses digitalisasi terjadi di segala lini dalam kehidupan manusia, hal ini memaksa kita harus melek terhadap perkembangan teknologi yang berjalan dengan sangat cepat, ditandai dengan peralihan dari fisik menuju digitalisasi. Proses digitalisasi juga tanpa terkecuali akan terjadi pada penilaian angka kredit guru dan pengawas pada madrasah.

Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain, dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini harus akrab dengan teknologi, agar tim penilai angka kredit yang sudah dibuat menjadi lebih hebat. BKN sebagai badan yang menangani langsung tentang kepegawaian dalam melakukan penilaian angka kredit, sudah menerapkan secara langsung aplikasi dalam persoalan yang berhubungan dengan kepegawaian sesuai dengan salah satu tujuan pendidikan transformatif.

Pertama, bagaimana setiap orang berhak dan mempunyai akses yang sama.
Kedua, guru harus mampu menguasai IT sehingga menjadi nyaman dalam menjalankan tugasnya, seperti saat ini sedang Direktorat GTK madrasah menjadi clinical assessment yaitu bagaimana guru dalam menjalankan tugas kesehariannya secara online sehingga bisa langsung di upload di SIMPATIKA.
Ketiga, Direktorat GTK Madrasah bisa memberikan perlindungan terhadap guru dalam menjalankan tugasnya.

Menurut Direktur asal Mandar, Sulawesi Barat ini, sejalan dengan 3 (tiga) tugas Direktorat GTK Madrasah yaitu: 

Pertama, meningkatkan kualifikasi guru.
Kedua, meningkatkan kompetensi guru.
Ketiga, meningkakan kesejahteraan guru.

Selanjutnya, menurut Agus Saptana selaku Koordinator Pangkat dan Kepangkatan 1 BKN, menjelaskan dari sisi regulasi secara gamblang terkait jabatan fungsional guru, disampaikan bahwa aturan tentang Jabatan Fungsional Guru belum ada perubahan yang signifikan, regulasi yang dipakai masih berpijak pada PP Nomor 19 Tahun 2017 yang mengatur tentang  Jabatan Fungsional Guru yang berlaku baik di Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Dalam Permen PAN RB Nomor 16 Tahun 2009 menyebutkan bahwa Penilaian Angka Kredit masih berkaitan dengan berkas dokumen, hal tersebut tentu bertolak belakang dengan proses yang sudah berlangsung selama ini di mana BKN sudah mengawali pengurusan segala macam dokumen berbasis digital, sehingga dalam mendukung digitalisasi, perlu adanya perubahan regulasi. Selama dalam proses transisi perubahan regulasi ini, diharapkan sosialisasi yang massif agar dalam pengajuannya diarahkan ke depannya sudah berbasis digital. 

Sebagai bentuk awal yang dilakukan oleh BKN yaitu pada tahun 2020 ketika mengeluarkan Pertek maupun SK dengan mengalihkan sekitar 120 pegawai Kementerian Dikti menjadi Kementerian Dikbud dengan membubuhkan tanda tangan digital. Pembubuhan tanda tangan digital pada prinsipnya diperbolehkan dan tidak menjadi masalah sepanjang ada pemberitahuan kepada pihak BKN, karena dikhawatirkan jika tidak ada pemberitahuan ada penyalahgunaan data berdasarkan barcode yang ada di dalamnya sehingga berpotensi adanya penyimpangan dalam sebuah kebijakan.

Kasubbag Tata Usaha pada Direktorat GTK Madrasah, Papay Supriatna menambahkan bahwa dengan adanya digitalisasi ini ke depannya diharapkan agar dapat memudahkan guru dan pengawas dalam mengajukan angka kredit secara efisien dan efektif, tanpa harus disusahkan dengan mencetak dan mengirimkan banyak dokumen fisik, tapi cukup dilakukan dengan scan dan upload di sistem yang disediakan.

Semoga dengan adanya penilaian tersebut, para guru dan tenaga kependidikan yang ada di madrasah di bawah naungan kementerian agama semakin akrab dengan teknologi, agar tim penilai angka kredit yang sudah dibuat menjadi lebih hebat.


Semoga bermanfaat.

Salam Admin,

0 komentar:

Post a Comment

Website ini dilindungi oleh :

Followers

Fanspage MTs Arabic

Pengunjung MTs Arabic

Live Pengunjung

Donasi Pengembangan Website

Indonesia Website Awards

Arsip MTs Arabic

Label

AKM AKSI Analisis Alokasi Waktu Analisis SKL-KI-KD MTs Arsip ATP Bahasa Arab MTs Arsip Bimtek Arsip Buku Kerja Guru Arsip ITHLA Arsip Kurikulum Arsip Kurikulum Darurat Arsip Literasi Digital MTs Arsip MGMP Arsip P3K Kemenag Arsip Pelatihan Arsip Piagam MTs Arabic Arsip PPG Arsip Rapot Arsip Soal Arsip Soal Google Form Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 9 Arsip Surat Arsip TP Bahasa Arab MTs Arsip Webinar Asesmen Madrasah Bab 1 Bab 2 Bab 3 Bab 4 Bab 5 Bab 6 Bahasa Arab MTs Buku Kerja Guru 1 Buku Kerja Guru 2 Buku Kerja Guru 3 Buku Kerja Guru 4 Buku Pegangan Guru dan Siswa ClassPoint CP Bahasa Arab MTs CPNS Daftar Hadir Daftar Nilai Daya Serap Siswa Download E-Learning Bahasa Arab MTs E-Modul Bahasa Arab Evaluasi Diri Kerja Guru Fase D Hari Guru Nasional Ikrar Guru Indonesia Ilmu Nahwu Ilmu Sharaf Indikator Soal Bahasa Arab MTs Indonesia Website Awards 2021 Info Madrasah IPK Jadwal Mengajar Guru Jurnal Agenda Guru Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 KI-KD Bahasa Arab MTs Kisi-kisi Soal KKM Bahasa Arab MTs KMA 183 Tahun 2019 KMA 347 Tahun 2022 Kode Etik Guru Kumpulan Soal Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka MTs Literasi MATERI BAB 1 MATERI BAB 2 MATERI BAB 3 MATERI BAB 4 MATERI BAB 5 MATERI BAB 6 Materi Bahasa Arab MTs Media Pembelajaran Modul 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4 Modul 5 Modul 6 Modul Ajar Modul Bahasa Arab Modul Bahasa Arab P3K Modul Pedagogik Modul Pedagogik P3K Motivasi Olimpiade Bahasa Arab Pelatihan Dugi Academy Pembiasaan Guru Madrasah Penilaian Akhir Semester Penilaian Akhir Semester Kelas 7 Penilaian Akhir Semester Kelas 8 Penilaian Akhir Semester Kelas 9 Penilaian Akhir Tahun Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Perangkat Pembelajaran Perbaikan Soal PPPK Program Semester Program Tahunan Quizizz Remedial dan Pengayaan RPP 1 Lembar SEMESTER 1 SEMESTER 2 Silabus Bahasa Arab MTs Soal AKM Bahasa Arab Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 7 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 8 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 9 Tata Tertib Guru Tindak Lanjut Kerja Guru Tutorial Ujian Madrasah