Pembelajaran 4 - Desain Pembelajaran
PENGANTAR
MTs Arabic - Desain Pembelajaran merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu mengembangkan pembelajaran yang memfasilitasi terjadinya transfer pengetahuan secara efektif dari guru ke peserta didik. Dengan pembelajaran ini diharapkan guru mampu mengembangkan desain pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013.
Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari analisis Standar Kelulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.
Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai review pembelajaran yang sudah Anda lakukan.
KOMPETENSI
Kompetensi guru yang akan dicapai pada pembelajaran ini yaitu guru mampu mengembangkan desain pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Setelah mempelajari materi pokok 1 tentang konsep dasar ABK, diharapkan Anda mampu:
Guru mampu menganalisis kompetensi dasar;
Guru mampu menentukan target kompetensi dari setiap kompetensi dasar;
Guru mampu menentukan IPK;
Guru mampu mengembangkan pembelajaran; dan
Guru mampu mengembangkan tujuan pembelajaran.
MATERI POKOK
Mendesain pembelajaran merupakan salah satu tugas krusial guru dalam mempersiapkan proses pembelajaran di kelas. Tugas utama guru dalam melaksanakan desain pembelajaran adalah diawali dengan bagaimana guru mampu menganalisis kompetensi dasar yang diamanatkan oleh kurikulum. Dalam pengembangan kurikulum guru juga dipersiapkan dalam menentukan target kompetensi dari setiap kompetensi dasar yang telah disusun untuk mengetahui apa yang menjadi target dari kompetensi dasar dari kurikulum tersebut, sehingga guru bisa dengan tepat merumuskan pembelajaran yang akan di laksanakan.
Indikator pencapaian kompetensi di rumuskan oleh guru untuk melihat sejauh mana tingkat pemahaman peserta didik dalam pembelajaran yang sedang dilakukan, dengan IPK yang telah disusun, guru mampu mengembangkan pembelajaran sesuai rangkaian tingkat pengetahuan dan keterampilan yang telah dirancang dengan IPK dalam setiap materinya, setelah itu guru mampu mengembangkan tujuan pembelajaran yang menyesuaikan dengan target kompetensi yang kemudian dijabarkan dalam rumusan IPK, tujuan pembelajaran dikembangkan dalam bentuk narasi atau poin yang mampu menjabarkan materi dan kompetensi yang akan dicapai.
Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran sebagai berikut.
Analisis SKL, KI, dan KD,
Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi,
Langkah Desain Pembelajaran
Untuk lebih memahami materi mengenai Desain Pembelajaran, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengunduh materi di bawah ini:
>>>Download Materi<<<
Demikian artikel singkat materi pembelajaran 4 tentang desain pembelajaran pada seri materi pedagogik PPPK Tahun 2021.
Materi diatas hanya sebagai tambahan wawasan baik bagi yang sudah melaksanakan PPPK maupun yang belum melaksanakan.
Semoga bermanfaat.
Salam admin,
0 komentar:
Post a Comment