Pembelajaran 3 - Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
PENGANTAR
MTs Arabic - Keterampilan tingkat tinggi merupakan salah satu materi yang harus Anda kuasai sebagai guru agar mampu mengembangkan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, antara dalam hal menjelaskan konsep HOTS, merancang pembelajaran HOTS; serta menganalisis kompetensi dasar.
Untuk mencapai kompetensi tersebut, Anda akan mempelajari konsep berpikir tingkat tinggi dan materi terkait kompetensi keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication) dari bahan belajar mandiri yang telah disediakan, dan dapat Anda akses baik secara online maupun offline.
Selain itu, bahan paparan atau media lain disertakan untuk membantu Anda dalam mempelajari materi. Pada akhir sesi pembelajaran, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan sebagai review pembelajaran yang sudah Anda lakukan.
KOMPETENSI
Pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi ini dikembangkan dengan tujuan mengembangkan kompetensi calon guru PPPK sehingga mampu mengembangkan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Setelah mempelajari materi 3 tentang keterampilan berpikir tingkat tinggi, diharapkan Anda mampu:
Guru mampu menjelaskan konsep HOTS;
Guru mampu merancang pembelajaran HOTS; dan
Guru mampu menganalisis kompetensi dasar.
MATERI POKOK
Bloom membagi keterampilan menjadi dua bagian. Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu: mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating). Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skills (HOTS) didefinisikan sebagai proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar (Resnick,1987).
Pembelajaran yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi adalah pembelajaran yang melibatkan tiga aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu: transfer of knowledge, critical and creative thinking, dan problem solving. Proses pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi tidak memandang level Kompetensi Dasar (KD), apakah KD nya berada pada tingkatan C1, C2, C3, C4, C5, atau C6.
Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran sebagai berikut.
Konsep Berpikir Tingkat Tinggi
Kompetensi Keterampilan 4Cs (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication)
Untuk lebih memahami materi keterampilan berpikir tingkat tinggi, Anda dapat membaca materi pembelajaran dengan mengunduh materi di bawah ini:
>>>Download Materi PDF<<<
>>>Download Google Sides<<<
Demikian artikel singkat materi pembelajaran 3 tentang keterampilan berpikir tingkat tinggi pada seri materi pedagogik PPPK Tahun 2021.
Materi diatas hanya sebagai tambahan wawasan baik bagi yang sudah melaksanakan PPPK maupun yang belum melaksanakan.
Semoga bermanfaat.
Salam admin,
0 komentar:
Post a Comment