Indonesia Website Awards

Monday, April 5, 2021

Rumusan Indikator Soal Bahasa Arab MTs sesuai KMA 183 Tahun 2019


MTs Arabic - Indikator soal khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam mengembangkan pencapaian kompetensi berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sesuai dalam KMA Nomor 183 Tahun 2019 terutama untuk mengukur 4 keterampilan dalam memahami bahasa Arab yaitu maharatul istima' (keterampilan mendengar), maharatul kalam (keterampilan berbicara), maharaul qiro'ah (keterampilan membaca), dan maharatul kitabah (keterampilan menulis). Penyusunan indikator soal adalah tahapan lanjutan dari penentuan indikator pencapaian kompetensi dan juga penjabaran dari Kompetensi Dasar.

PENGERTIAN

Banyak pengertian mengenai apa itu indikator soal. Intinya, tahapan ini memudahkan guru dalam menyusun soal yang diinginkan. Di antara pengertian indikator soal secara umum adalah sebagai berikut.

Indikator soal merupakan gambaran perilaku yang dapat diamati dan diukur untuk menunjukkan bahwa seorang siswa telah mencapai suatu kompetensi tertentu sebagai bentuk hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

Indikator soal adalah penanda pencapaian Kompetensi Dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku terukur, mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Adapun dalam tulisan ini, penulis memfokuskan pada indikator soal pada mata pelajaran Bahasa Arab khususnya pada jenjang Madrasah Tsanawiyah baik kelas 7, kelas 8, maupun kelas 9.

Jika pengertian indikator soal secara umum diatas dikaitkan dengan mata pelajaran Bahasa Arab, maka menghasilkan pengertian sebagai berikut.

Indikator soal Bahasa Arab adalah proses pengukuran ketercapaian kompetensi dasar pada mata pelajaran bahasa Arab yang dapat diamati baik dari segi maharatul istima' (keterampilan mendengar), maharatul kalam (keterampilan berbicara), maharaul qiro'ah (keterampilan membaca), maharatul kitabah (keterampilan menulis),  maupun struktur gramatikal Bahasa Arab yang telah dilakukan pada kegiatan pembelajaran.

FUNGSI

Lantas apa fungsinya guru Bahasa Arab membuat indikator soal ?

Fungsi dari Indikator soal Bahasa Arab adalah sebagai berikut.
1) Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran Bahasa Arab
2) Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran Bahasa Arab
3) Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar Bahasa Arab
4) Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar dari pembelajaran Bahasa Arab.

Selain itu fungsi indikator soal bahasa Arab adalah sebagai bentuk penjabaran lebih rinci dari tujuan yang lebih besar (kompetensi dasar/KD), sehingga jika indikator soal Bahasa Arab telah tercapai maka kemungkinan besar akan tercapai pula Kompetensi Dasar tersebut.

SYARAT

Lalu apa saja syarat pembuatan indikator soal untuk mata pelajaran Bahasa Arab ?

Syarat indikator soal Bahasa Arab, antara lain :

1) Spesifik dan jelas, artinya informasi yang disampaikan tentang tingkah laku siswa yang diharapkan harus jelas.

2) Berorientasi pada tingkah laku siswa selama kegiatan pembelajaran, bukan tingkah laku guru dalam mengajar

3) Menggunakan kata kerja operasional yang menunjukkan tingkah laku dan dapat diamati/diukur.

4) Memuat ciri-ciri kompetensi dasar yang akan diukur.

5) Berkaitan dengan materi (bahan ajar) yang dipilih.

6) Dapat dibuatkan soalnya

Penyusunan indikator soal untuk penilaian hasil belajar pada pembelajaran bahasa Arab, sebaiknya menggunakan stimulus (dasar pertanyaan). Stimulus tersebut dapat berupa kosakata (mufrodat) setiap bab, kata acak, kalimat acak, gambar (disarankan berwarna), tabel (analisis teks), bagan (khusus bab tertentu seperti يوميات الأسرة), atau teks bacaan setiap bab yang merangsang kemampuan berpikir siswa sebelum menentukan pilihan jawaban.

PERUMUSAN INDIKATOR SOAL

Indikator soal harus dirumuskan dengan singkat dan jelas dengan memperlihatkan hal-hal berikut.

1. Memuat ciri-ciri kompetensi yang akan diukur
2. Memuat kata kerja operasional yang dapat diukur (satu kata kerja operasional untuk soal pilihan ganda, satu atau lebih dari satu kata kerja operasional untuk soal uraian)
3. Berkaitan dengan materi atau konsep yang dipilih.
4. Dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan

Komponen-komponen indikator soal yang perlu diperhatikan adalah subjek, perilaku yang akan diukur, dan kondisi/konteks/stimulus.

Rumusan indikator yang lengkap mencakup 4 (empat) komponen, yaitu ABCD, dengan A = Audience, B = Behaviour, C = Condition, dan D – Degree. Berikut penjelasannya.

1. Audience
Audience adalah sasaran atau peserta tes (dalam hal ini peserta didik).

2. Behaviour
Behaviour adalah tingkah laku yang harus ditampilkan atau diharapkan muncul. Perumusannya menggunakan kata kerja operasional.

3. Condition
Condition (kondisi) adalah kondisi yang diberikan pada saat tingkah laku peserta didik diukur, tidak ketika sedang belajar.

4. Degree
Degree (tingkat keberhasilan) merupakan standar tingkah laku tertentu yang dapat diterima.

Tipe Indikator Soal Bahasa Arab

Tipe penulisan indikator soal ada dua, sebagai berikut.

1. Indikator soal yang menempatkan condition (kondisi) di awal kalimat

Model ini digunakan untuk soal yang disertai dengan stimulus, berupa kosakata (mufrodat), kata acak, kalimat acak, gambar, tabel, bagan atau teks bacaan setiap bab.

>>> Contoh rumusan indikatornya :

Disajikan beberapa kata acak tentang التعارف peserta didik dapat menyusun (KKO) kata acak tersebut menjadi kalimat dengan benar.

2. Indikator soal yang menempatkan audience (peserta didik) dan behaviour (perilaku) di awal kalimat

Model ini digunakan untuk soal yang tidak disertai dengan dasar pertanyaan sebagai stimulus.

>>> Contoh rumusan indikatornya :

Peserta didik dapat menentukan …

Contoh indikator soal :
Disajikan kata acak, peserta didik dapat menyusun kalimat dengan benar.

Maka ringkasan rumusan indikator soal tersebut adalah :

Audience : peserta didik
Behaviour : dapat menyusun kalimat
Condition : disajikan kata acak
Degree : dengan benar

Dari kedua tipe indikator soal diatas, silahkan ustadz/ustadzah pilih sesuai dengan yang biasa digunakan baik di madrasah, KKM, maupun MGMP Bahasa Arab yang diikuti.

Adapun contoh lengkap indikator soal bahasa Arab MTs baik kelas 7, kelas 8 maupun kelas 9, dapat ustadz/ustadzah lihat di bawah ini.

SERI INDIKATOR SOAL BAHASA ARAB KELAS 7 PER BAB :


SERI INDIKATOR SOAL BAHASA ARAB KELAS 8 PER BAB :



Sengaja disusun per bab agar ustadz/ustadzah dapat memilih beberapa indikator soal bahasa Arab sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, silahkan sesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi sehingga tersusun menjadi kisi-kisi soal.

Demikian penjelasan tentang Rumusan Indikator Soal Bahasa Arab MTs secara umum sesuai KMA 183 Tahun 2019.

Semoga bermanfaat.

Salam Admin,

Baca Juga :

0 komentar:

Post a Comment

Website ini dilindungi oleh :

Followers

Fanspage MTs Arabic

Pengunjung MTs Arabic

Live Pengunjung

Donasi Pengembangan Website

Indonesia Website Awards

Arsip MTs Arabic

Label

AKM AKSI Analisis Alokasi Waktu Analisis SKL-KI-KD MTs Arsip ATP Bahasa Arab MTs Arsip Bimtek Arsip Buku Kerja Guru Arsip ITHLA Arsip Kurikulum Arsip Kurikulum Darurat Arsip Literasi Digital MTs Arsip MGMP Arsip P3K Kemenag Arsip Pelatihan Arsip Piagam MTs Arabic Arsip PPG Arsip Rapot Arsip Soal Arsip Soal Google Form Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 9 Arsip Surat Arsip TP Bahasa Arab MTs Arsip Webinar Asesmen Madrasah Bab 1 Bab 2 Bab 3 Bab 4 Bab 5 Bab 6 Bahasa Arab MTs Buku Kerja Guru 1 Buku Kerja Guru 2 Buku Kerja Guru 3 Buku Kerja Guru 4 Buku Pegangan Guru dan Siswa ClassPoint CP Bahasa Arab MTs CPNS Daftar Hadir Daftar Nilai Daya Serap Siswa Download E-Learning Bahasa Arab MTs E-Modul Bahasa Arab Evaluasi Diri Kerja Guru Fase D Hari Guru Nasional Ikrar Guru Indonesia Ilmu Nahwu Ilmu Sharaf Indikator Soal Bahasa Arab MTs Indonesia Website Awards 2021 Info Madrasah IPK Jadwal Mengajar Guru Jurnal Agenda Guru Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 KI-KD Bahasa Arab MTs Kisi-kisi Soal KKM Bahasa Arab MTs KMA 183 Tahun 2019 KMA 347 Tahun 2022 Kode Etik Guru Kumpulan Soal Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka MTs Literasi MATERI BAB 1 MATERI BAB 2 MATERI BAB 3 MATERI BAB 4 MATERI BAB 5 MATERI BAB 6 Materi Bahasa Arab MTs Media Pembelajaran Modul 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4 Modul 5 Modul 6 Modul Ajar Modul Bahasa Arab Modul Bahasa Arab P3K Modul Pedagogik Modul Pedagogik P3K Motivasi Olimpiade Bahasa Arab Pelatihan Dugi Academy Pembiasaan Guru Madrasah Penilaian Akhir Semester Penilaian Akhir Semester Kelas 7 Penilaian Akhir Semester Kelas 8 Penilaian Akhir Semester Kelas 9 Penilaian Akhir Tahun Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Perangkat Pembelajaran Perbaikan Soal PPPK Program Semester Program Tahunan Quizizz Remedial dan Pengayaan RPP 1 Lembar SEMESTER 1 SEMESTER 2 Silabus Bahasa Arab MTs Soal AKM Bahasa Arab Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 7 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 8 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 9 Tata Tertib Guru Tindak Lanjut Kerja Guru Tutorial Ujian Madrasah