Indonesia Website Awards

Friday, August 27, 2021

Perbaikan Soal

MTs Arabic - Perbaikan soal merupakan tahapan revisi terhadap soal yang dianggap tidak valid/dapat diterima setelah melalui proses analisis.

Bagaimana soal bisa dianggap tidak valid?

Soal dianggap tidak valid dan harus diperbaiki apabila data nilai yang diperoleh para peserta didik setelah mengerjakan soal bersangkutan tidak memenuhi standar dalam penghitungan matematika untuk hal-hal tertentu, misalnya soal tidak dapat menghasilkan sebaran data yang baik dan menentukan mana kelompok atas, menengah, dan bawah.

Apa yang menyebabkan soal tidak dapat membedakan kelompok atas, menengah, dan kelompok bawah?

Jawaban yang paling logis yaitu karena soal bersifat terlalu mudah atau terlalu sulit bagi semua peserta didik (siswa).

Ketika soal terlalu mudah, maka nilai yang dihasilkan dari kegiatan ulangan harian atau PTS semua siswa memiliki nilai yang seragam (semuanya besar). Sebaliknya. Jika soal terlalu sukar, maka nilai siswa pun akan sama-sama kecil atau dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).

Tentunya soal yang demikian kurang baik karena tidak bisa membedakan mana siswa yang lebih cerdas, cerdas, dan cukup.

Oleh sebab itu, perlu adanya revisi atau perbaikan terhadap soal (baik soal ulangan harian maupun PTS) yang terlalu mudah atau pun terlalu sukar agar soal dapat membedakan mana kelompok nilai teratas, sedang, dan nilai di bawah KKM.

Kapan perbaikan soal dilakukan oleh guru? atau Kapankah guru harus melakukan perbaikan atau revisi pada soal yang dibuatnya?

Soal dapat diperbaiki apabila guru sudah melakukan analisis pada hasil ulangan harian atau penilaian tengah semester. Sehingga dari data tersebut (nilai), guru dapat menghitung daya pembeda pada sebuah soal sehingga akan diketahui hasilnya. Jika hasil membuktikan bahwa sebuah soal yang dianalisis tidak dapat membedakan kelompok atas, menengah, dan bawah, maka bisa jadi soal yang diberikan pada ulangan harian atau PTS terlalu sulit (ditunjukkan dengan perolehan nilai yang sangat kecil) atau terlalu mudah (nilainya di atas rata-rata). Sehingga akan mendapati kesimpulan bahwa soal tidak valid atau ditolak.

Jika kesimpulannya demikian, maka itulah saat dimana guru harus melakukan perbaikan/revisi pada soal yang ditolak.

Bagaimana cara memperbaiki soal yang terlalu sulit atau terlalu mudah?

Pada dasarnya soal dikatakan terlalu sulit apabila banyak siswa yang nilainya kurang. Adapun soal dikatakan terlalu mudah apabila para siswa nilainya sangat besar.

Bagaimana cara memperbaikinya?

Soal yang terlalu sukar dapat diganti level kognitifnya ke tingkat C1 (Pengetahuan) atau C2 (Pemahaman) jika sebelumnya soal merupakan ranah aplikasi (C3).

Begitu juga apabila soal terlalu mudah, guru perlu mengganti level kognitif dari soal yang tadinya bersifat menguji pemahaman (C2) menjadi soal yang menguji pengetahuan (C1).

Setelah semua soal yang telah ditolak sudah diperbaiki, maka selanjutnya guru menyalin soal yang sudah diperbaiki ke dalam format perbaikan soal.

Format perbaikan soal

Baik soal ulangan harian maupun soal PTS, perbaikan soal tetaplah harus dilakukan guna meningkatkan mutu kerja guru dalam evaluasi hasil belajar siswa.

Sebagai pelengkap administrasi buku kerja guru 3, silahkan unduh di bawah ini.

Format Perbaikan Soal

 

Semoga manfaat.

Salam Admin,

MTs Arabic

0 komentar:

Post a Comment

Website ini dilindungi oleh :

Followers

Fanspage MTs Arabic

Pengunjung MTs Arabic

Live Pengunjung

Indonesia Website Awards

Translate

Arsip MTs Arabic

Label

AKM AKSI Analisis Alokasi Waktu Analisis SKL-KI-KD MTs Arsip ATP Bahasa Arab MTs Arsip Bimtek Arsip Buku Kerja Guru Arsip ITHLA Arsip Kurikulum Arsip Kurikulum Darurat Arsip Literasi Digital MTs Arsip MGMP Arsip P3K Kemenag Arsip Pelatihan Arsip Piagam MTs Arabic Arsip PPG Arsip Rapot Arsip Soal Arsip Soal Google Form Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 9 Arsip Surat Arsip TP Bahasa Arab MTs Arsip Webinar Asesmen Madrasah Bab 1 Bab 2 Bab 3 Bab 4 Bab 5 Bab 6 Bahasa Arab MTs Buku Kerja Guru 1 Buku Kerja Guru 2 Buku Kerja Guru 3 Buku Kerja Guru 4 Buku Pegangan Guru dan Siswa ClassPoint CP Bahasa Arab MTs CPNS Daftar Hadir Daftar Nilai Daya Serap Siswa Download E-Learning Bahasa Arab MTs Evaluasi Diri Kerja Guru Fase D Hari Guru Nasional Ikrar Guru Indonesia Ilmu Nahwu Ilmu Sharaf Indikator Soal Bahasa Arab MTs Indonesia Website Awards 2021 Info Madrasah IPK Jadwal Mengajar Guru Jurnal Agenda Guru Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 KI-KD Bahasa Arab MTs Kisi-kisi Soal KKM Bahasa Arab MTs KMA 183 Tahun 2019 KMA 347 Tahun 2022 Kode Etik Guru Kumpulan Soal Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka MTs Literasi MATERI BAB 1 MATERI BAB 2 MATERI BAB 3 MATERI BAB 4 MATERI BAB 5 MATERI BAB 6 Materi Bahasa Arab MTs Media Pembelajaran Modul 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4 Modul 5 Modul 6 Modul Ajar Modul Bahasa Arab Modul Bahasa Arab P3K Modul Pedagogik Modul Pedagogik P3K Motivasi Pelatihan Dugi Academy Pembiasaan Guru Madrasah Penilaian Akhir Semester Penilaian Akhir Semester Kelas 7 Penilaian Akhir Semester Kelas 8 Penilaian Akhir Semester Kelas 9 Penilaian Akhir Tahun Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Perangkat Pembelajaran Perbaikan Soal Program Semester Program Tahunan Quizizz Remedial dan Pengayaan RPP 1 Lembar SEMESTER 1 SEMESTER 2 Silabus Bahasa Arab MTs Soal AKM Bahasa Arab Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 7 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 8 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 9 Tata Tertib Guru Tindak Lanjut Kerja Guru Tutorial Ujian Madrasah