Indonesia Website Awards

Monday, December 15, 2025

Capaian Pembelajaran Bahasa Arab Jenjang MTs Sesuai SK Dirjen Pendis Nomor 9941 Tahun 2025

A. Rasionalitas Mata Pelajaran Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat penting untuk dikembangkan, karena selain menjadi bahasa agama, juga berperan sebagai bahasa internasional. Di era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, penguasaan bahasa Arab menjadi sebuah kebutuhan sekaligus tuntutan. Perkembangan terkini menunjukkan bahwa jumlah penutur bahasa Arab di dunia terus meningkat secara signifikan, sehingga menjadi salah satu bahasa utama dalam komunikasi global. Kini, bahasa Arab tidak hanya dipelajari  untuk  studi  agama,  tetapi  juga  digunakan  dalam bidang ekonomi, pariwisata, politik, dan keamanan global. Bahkan sejak 18 Desember 1973, bahasa Arab telah ditetapkan sebagai salah satu bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Arab tidak cukup hanya berfokus pada pemahaman literatur keagamaan, tetapi juga harus diarahkan pada penguasaan bahasa sebagai alat komunikasi, baik lisan maupun tulisan. 

Pembelajaran bahasa Arab di madrasah secara bertahap dan holistik diarahkan untuk menyiapkan murid memiliki kecakapan berbahasa, yaitu: (1) mampu mengekspresikan perasaan, pikiran, dan gagasan secara verbal-komunikatif; (2) mampu menginternalisasi keterampilan berbahasa Arab dengan baik, sehingga murid menjadi terampil menggunakan bahasa Arab dalam berbagai situasi; (3) mampu menggunakan bahasa Arab untuk mempelajari ilmu-ilmu agama, pengetahuan umum, dan kebudayaan; serta (4) mampu mengintegrasikan kemampuan berbahasa Arab dengan perilaku yang tercermin dalam sikap moderat dan berbasis nilai-nilai cinta dalam kehidupan. Adapun  nilai-nilai cinta  dalam pembelajaran bahasa Arab mencakup cinta Allah dan Rasul-Nya dengan menghayati bahasa AlQur’an dan Hadis, cinta ilmu melalui semangat belajar yang berkelanjutan, cinta lingkungan dengan memahami budaya dan kehidupan masyarakat Arab, cinta diri dan sesama manusia melalui penggunaan bahasa yang santun dan empatik, serta cinta tanah air dengan menjadikan bahasa Arab sebagai sarana kontribusi positif di tingkat nasional maupun global.

Pembelajaran bahasa Arab pada jenjang MI/MTs/MA/MAK diharapkan dapat membantu murid berhasil mencapai kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab sebagai bagian dari life skills, yang proses pembelajarannya diberikan komposisi 70 persen dan 30 persen untuk kemampuan lainnya. Pendekatan-pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab ini menggunakan pendekatan pembelajaran mendalam, pendekatan komunikatif (communicative approach), pendekatan humanistik (humanistic approach), pendekatan leksikal (lexical approach), pendekatan struktual (structural approach), pendekatan berbasis teks (genre-based approach) dan/atau pendekatan pembelajaran bahasa lainnya yang relevan melalui pemanfaatan beragam teks (lisan, tulisan, visual, audio visual), serta mencakup teks multimodal (teks yang mengandung aspek verbal, visual, dan audio).

Dengan demikian, pembelajaran bahasa Arab tidak hanya berfungsi untuk memahami ajaran agama, tetapi juga menjadi bekal penting dalam menghadapi tantangan global. Melalui integrasi nilainilai cinta, pembelajaran ini diharapkan mampu melahirkan generasi yang cerdas, berkarakter, moderat, serta memiliki daya saing tinggi. Generasi tersebut bukan hanya terampil berbahasa, tetapi juga mampu mengaktualisasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan pribadi, sosial, dan kebangsaan.

B. Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Arab 

Pembelajaran bahasa Arab di madrasah mempunyai tujuan untuk mempersiapkan murid memiliki kemampuan menggunakan bahasa Arab sebagai alat komunikasi global dan alat untuk mendalami agama dari sumber autentik yang pada umumnya menggunakan bahasa Arab, melalui proses rantai keilmuan (isnad) yang terus bersambung hingga sumber asalnya yaitu Al-Qur’an dan Hadis. 

C. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Arab 

Pembelajaran bahasa Arab di madrasah diorientasikan untuk memberikan tiga kompetensi yaitu:

1. Kompetensi Berbahasa (al-kifayah al-lughawiyyah

Sebuah kompetensi dasar dalam bahasa yang meliputi empat keterampilan bahasa (al-maharat al-lughawiyyah) yaitu keterampilan menyimak (maharah al-istima’), keterampilan berbicara (maharah al-kalam), keterampilan membaca-memirsa (maharah al-qiraʹah – al-mu’ayanah), dan keterampilan  menulismempresentasikan (maharah al-kitabah – at-taqdimah). Keterampilan bahasa tersebut harus dijalankan berdasarkan unsurunsur bahasa (al-anashir al-lughawiyyah) yang baik dan benar meliputi: bunyi (ashwat), kosakata (mufradat), dan pola kalimat (attarakib) atau gramatika (qawa’id al-lughah).

2. Kompetensi berkomunikasi (al-kifayah al-ittishaliyyah

Kompetensi untuk melakukan tindak tutur dengan bahasa target dalam berbagai konteks sosial secara lisan dan tulisan. Bahasa Arab hendaknya  dilihat  dari  sudut pandang fungsionalitasnya, yaitu sebagai alat komunikasi. Sehingga kompetensi berkomunikasi ini menjadi hal penting yang harus diajarkan.

3. Kompetensi berbudaya (al-kifayah ats-tsaqafiyyah

Pembelajaran Bahasa Arab selain membelajarkan bahasa, juga mengandung pesan-pesan budaya, yaitu budaya Arab Islam (tsaqafah arabiyyah islamiyyah), budaya global umum (tsaqafah alamiyyah ammah), dan budaya lokal khusus (tsaqafah mahalliyah khashah). Pesan budaya ini tercermin dalam tema atau topik dalam pembelajaran, misalnya perkenalan, hobi, wisata, pelestarian lingkungan, teknologi informasi dan komunikasi, tokoh-tokoh Islam, haji dan umrah, hari -hari besar Islam, cinta Indonesia, dan lain-lain.

Komponen pembelajaran bahasa Arab 

Berdasarkan hal di atas, tiga kompetensi yang menjadi target pembelajaran bahasa Arab yaitu kompetensi berbahasa, kompetensi berkomunikasi, dan kompetensi berbudaya digabungkan dalam kerangka pembelajaran berikut.

Adapun elemen dalam capaian pembelajaran Bahasa Arab adalah sebagai berikut.

Elemen Komponen Bahasa:

Deskripsi:

Kompetensi yang diperoleh murid melalui pengalaman belajar yang menekankan pada proses memahami, mengaplikasi, dan merefleksi materi komponen bahasa (al-anashir al-lughawiyyah) meliputi bunyi (ashwat), kosakata (mufradat), dan pola kalimat (attarakib) atau gramatika (qawa’id al-lugah) dengan baik dan benar, sebagai proses pembekalan bahasa (tazwid al-lughah) untuk digunakan dalam keterampilan berbahasa.

Elemen Keterampilan Bahasa:

Deskripsi:

Keterampilan yang dilatihkan untuk mencapai kompetensi berbahasa Arab, yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Keterampilan tersebut meliputi kegiatan menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis, dan mempresentasikan.

Pembelajaran bahasa Arab juga nantinya akan terbagi dalam beberapa fase yaitu itu fase A, B, C, D, E, dan F dengan peta jalan capaian.  Fokus tulisan ini, admin akan jabarkan peta jalan capaian untuk fase D yaitu kelas VII - IX atau pada jenjang Madrasah Tsanawiyah:

D. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Tsanawiyah

4. Fase D ( Kelas VII, VIII, dan IX Madrasah Tsanawiyah) 

Pada akhir fase D, murid memiliki kemampuan sebagai berikut.

4.1. Komponen Bahasa

Menganalisis kosa kata, pola kalimat, dan wacana tentang:

التَّعَارُف  dengan pola kalimat

 مَنْ هُوَ؟ - مَنْ هِيَ؟ - مِنْ أَيْنَ أَنْتَ؟ - أَنَا تِلْمِيْذ - هِيَ مُدَرِّسَة - نَحْنُ - الْاِسْتِفْهَام بِـ  مَا / مَنْ / هَلْ / مِنْ أَيْنَ / كَيْفَ

الْمَرَافِق الْمَدْرَسِيَّة  dengan pola kalimat

 مَا هٰذَا؟ - ذٰلِكَ فَصْل - هذِهِ مَكْتَبَة - اْلاِسْتِفْهَام بِـ  أَيْنَ / إِلَى أَيْنَ / مِنْ أَيْنَ / مَنْ / لِمَنْ / مَاذَا

الْمَدْرَسِيَّة وَالْأَلْوَان الْأَدَوَات  dengan pola kalimat

 أَيْنَ الْقَلَم؟ - مَا لَوْنُ الْكِتَاب؟ - لَوْنُ الْكِتَاب أَسْوَدُ - قَلَمُكَ أَسْوَدُ

الْعُنْوَان وَالسَّاعَة  dengan pola kalimat

 وَاحِد - مَا عُنْوَانُكَ - كَمِ السَّاعَةُ الْآن - السَّاعَةُ الثَّانِيَة

الْأَعْمَال الْيَوْمِيَّة  dengan pola kalimat

 مَاذَا تَعْمَلُ؟ مَاذَا تَشْرَبُ؟ أَكْتُبُ الدَّرْس

الْبَيْت  dengan pola kalimat

 مَاذَا عَمِلْتَ؟ - لِمَاذَا قَرَأْتِ الْمَجَلَّة؟ - أَكَلْتُ الْخُبْزَ

 الْهِوَايَة  dengan pola kalimat

 ذَهَبَ مَحْمُوْد إِلَى الْمَدْرَسَةِ - يَسْمَعُ فَائِزٌ شَرْحَ الْمُدَرِّس 

الرِّيَاضَة  dengan pola kalimat

 يَلْعَبُ فَائِقٌ وَفَرِيْدٌ كُرَةَ الْقَدَمِ - تُرِيْدُ أَمِيْرَةٌ وَأَنِيْسَةٌ أَنْ تَذْهَبَا إِلىَ الْمَسْبَحِ 

 الْمِهْنَة  dengan pola kalimat أُرِيْدُ الذِّهَابَ إِلَى الْإِدَارَة 

الصِّحَّة  dengan pola kalimat

فَحَصَ الطَّبِيْب الْمَرْضَى - الْمُمَرِّضُوْنَ يَذْهَبُوْنَ إِلَى الصَّيْدَلِيَّة 

السَّنَةُ الْهِجْرِيَّةُ الْجَدِيْدَةُ  dengan pola kalimat 

اِحْتَفَلَ المُسْلِمُوْنَ بِسَنَةٍ هِجْرِيَّةٍ جَدِيدَةٍ

الْحَفْلُ بِمَوْلِدِ الرَّسُوْل   dengan pola kalimat

 مُحَمَّدٌ نَبِيٌّ - كَانَ مُحَمَّدٌ نَبِيًّا

الْعِيْدَانِ وَنُزُوْلُ الْقُرْآنِ  dengan pola kalimat

 التَّلَامِيْذُ لَمْ يَجْتَمِعُوْا لِبَحْثِ الاِحْتِفَال

جَمَالُ الطَّبِيْعَة  dengan pola kalimat اُنْظُرْ - اُنْظُرَا – اُنْظُرُوْا

خَالِقُ الْعَالَم  dengan pola kalimat اللهُ الذِّي خَلَقَ الْعَالَم

الْحِفَاظُ عَلَى الْبِيْئَةِ  dengan pola kalimat 

جَاكَرْتَا أَشْهَرُ الْمُدُن فِيْ بَلَدِنَا

4.2. Keterampilan Bahasa

Menerapkan komponen bahasa melalui keterampilan bahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis, dan mempresentasikan. Proses ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi informasi secara tersurat dan tersirat dari wacana lisan, mengaplikasi wacana lisan, menganalisis teks visual atau multimodal, dan memproduksi gagasan secara tertulis dan/atau lisan tentang tema dan pola kalimat tersebut.

Baca Juga :

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Ibtidaiyah

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Wajib Jenjang Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Program Keagamaan Jenjang Madrasah Aliyah

Demikian informasi tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Tsanawiyah yang admin rangkum dari Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 9941 Tahun 2025 tentang Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah.

Semoga informasi di atas bermanfaat, terkhusus untuk para guru bahasa Arab yang mengajar di jenjang Madrasah Tsanawiyah.

Salam Admin,

MTs Arabic

Dukung Website MTs Arabic dengan cara :

1️⃣ Subscribe Youtube MTs Arabic

https://www.youtube.com/@mtsarabics

2️⃣ Join Channel Telegram MTs Arabic

https://t.me/mtsarabic

3️⃣ Like & Follow Fanpage Facebook MTs Arabic

https://web.facebook.com/mtsarabic

4️⃣ Follow Instagram MTs Arabic

https://www.instagram.com/mtsarabics/

0 komentar:

Post a Comment

Website ini dilindungi oleh :

Followers

Fanspage MTs Arabic

Pengunjung MTs Arabic

Live Pengunjung

Arsip MTs Arabic

Label

AKM AKSI Analisis Alokasi Waktu Analisis SKL-KI-KD MTs Arsip ATP Bahasa Arab MTs Arsip Bimtek Arsip Buku Kerja Guru Arsip ITHLA Arsip Kurikulum Arsip Kurikulum Darurat Arsip Literasi Digital MTs Arsip MGMP Arsip P3K Kemenag Arsip Pelatihan Arsip Piagam MTs Arabic Arsip PPG Arsip Rapot Arsip Soal Arsip Soal Google Form Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 9 Arsip Surat Arsip TP Bahasa Arab MTs Arsip Webinar Asesmen Madrasah Bab 1 Bab 2 Bab 3 Bab 4 Bab 5 Bab 6 Bahasa Arab Bahasa Arab MTs Buku Kerja Guru 1 Buku Kerja Guru 2 Buku Kerja Guru 3 Buku Kerja Guru 4 Buku Pegangan Guru dan Siswa ClassPoint CP Bahasa Arab MTs CPNS Daftar Hadir Daftar Nilai Daya Serap Siswa Deep Learning Download E-Learning Bahasa Arab MTs E-Modul Bahasa Arab Evaluasi Diri Kerja Guru Fase D Hari Guru Nasional Ikrar Guru Indonesia Ilmu Nahwu Ilmu Sharaf Indikator Soal Bahasa Arab MTs Indonesia Website Awards 2021 Info Madrasah IPK Jadwal Mengajar Guru Jurnal Agenda Guru KBC Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 KI-KD Bahasa Arab MTs Kisi-kisi Soal KKM Bahasa Arab MTs KMA 1503 Tahun 2025 KMA 183 Tahun 2019 KMA 347 Tahun 2022 Kode Etik Guru Kokurikuler Kumpulan Soal Kurikulum Berbasis Cinta Kurikulum Madrasah Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka MTs Literasi MATERI BAB 1 MATERI BAB 2 MATERI BAB 3 MATERI BAB 4 MATERI BAB 5 MATERI BAB 6 Materi Bahasa Arab MTs Media Pembelajaran Modul 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4 Modul 5 Modul 6 Modul Ajar Modul Bahasa Arab Modul Bahasa Arab P3K Modul Pedagogik Modul Pedagogik P3K Modul Profesional PPG Motivasi Naskah Akademik Olimpiade Bahasa Arab Panduan Kokurikuler Panduan Kurikulum Madrasah Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pelatihan Dugi Academy Pembelajaran Mendalam Pembiasaan Guru Madrasah Penilaian Akhir Semester Penilaian Akhir Semester Kelas 7 Penilaian Akhir Semester Kelas 8 Penilaian Akhir Semester Kelas 9 Penilaian Akhir Tahun Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Perangkat Pembelajaran Perbaikan Soal PPPK Program Semester Program Tahunan Quizizz Regulasi Remedial dan Pengayaan RPP 1 Lembar SEMESTER 1 SEMESTER 2 Silabus Bahasa Arab MTs Soal AKM Bahasa Arab Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 7 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 8 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 9 Tata Tertib Guru Tindak Lanjut Kerja Guru Tutorial Ujian Madrasah Wayground Wayground Arabic Wayground PAI Bahasa Arab