Indonesia Website Awards

Thursday, November 19, 2020

3 Tipe Guru di Dunia Pendidikan

"A good teacher is like a candle – it consumes itself to light the way for others"
Mustafa Kemal Ataturk

MTs Arabic - Bila seseorang sedang jatuh cinta apapun akan dilakukan untuk mendapatkan cinta. Tidak cukup dengan waktu, energi harta benda bahkan nyawa sekalipun bisa menjadi taruhannya. Sesuatu yang lebih mengherankan lagi rasa cinta dapat mengalirkan energi baru pada seseorang yang sebenarnya telah kehilangan energi sebelumnya karena perjuangan yang sangat keras. Hal tersebut akan menjadi luar biasa jika rasa cinta yang dimiliki oleh seorang guru terhadap dunia pendidikan. Oleh karena itu kita sebagai guru seharusnya selalu mencintai profesi yang sudah kita miliki sekarang atau dengan kata lain kita adalah seorang guru yang mencintai pekerjaannya. Bila tidak, jangankan bagi anak didik, bagi dirinya sendiri pun akan menjadi sangat berat untuk dijalankan terlebih aktivitas yang dilakukan adalah berupa tugas yang mulia yaitu mengamalkan ilmu. Tanpa dilandasi rasa cinta terhadap profesi ini niscaya apa yang menjadi harapan atau tujuan sebuah pendidikan pasti tidak akan terwujud.

Dari analogi jatuh cinta di atas, di bawah ini penulis share tentang 3 tipe guru di dunia pendidikan

1. Cita-cita menjadi guru sedari awal

Orang dengan tipe ini akan mempunyai keinginan yang kuat atau bercita-cita untuk menjadi guru semenjak dia masuk kuliah. Orang ini biasanya menempuh pendidikan di bangku kuliah dengan berkonsentrasi di fakultas keguruan dengan jurusan pendidikan. Salah satu faktor yang mendukung dia masuk dunia pendidikan biasanya dari keluarga. Entah itu ayahnya, ibunya nya atau keduanya berprofesi sebagai guru, baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun, terlepas dari apakah tuanya berstatus guru PNS maupun guru honorer. Pepatah mengatakan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Atas bimbingan dan arahan orang tuanya, dia berkeinginan kuat menjadi guru. Namun, ada juga orang yang berkeinginan menjadi guru karena timbul dari dirinya sendiri. Yang mempunyai paradigma bahwa menjadi guru adalah kelebihannya, salah satu obsesinya adalah senang dengan dunia anak-anak.

2. Menjadi guru karena pekerjaan

Orang dengan tipe ini menjadikan profesi guru karena tuntutan bahwa dia harus mempunyai pekerjaan. Setiap orang tentunya membutuhkan pekerjaan untuk mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Pekerjaan menjadi guru bisa diandalkan untuk mendapatkan penghasilan terutama guru yang berstatus PNS. Apalagi sekarang ini dengan adanya program tunjangan baik insentif, sertifikasi, inpassing, penghasilan seorang guru begitu menjanjikan. Beda halnya dengan guru zaman dulu yang sama sekali tidak dilirik oleh para pencari pekerjaan dengan asumsi bahwa menjadi guru hanyalah sebuah ilusi karena dengan penghasilan yang sangat minim tidak mungkin untuk mencukupi kebutuhannya. Namun, tidak sedikit juga guru yang sudah berstatus PNS hanya mengajar sebatas memenuhi kewajibannya saja. Dia tidak memiliki rasa cinta terhadap profesinya sebagai seorang guru. Kembali kepada niat awal menjadi guru tersebut untuk apa.

3. Terpaksa menjadi guru

TIpe guru yang terakhir ini adalah menjadi guru karena faktor keterpaksaan. Yang banyak terjadi adalah karena tuntutan orang tuanya yang menginginkan anaknya menjadi guru. Padahal, dia sama sekali tidak ada keinginan untuk menjadi seorang guru. Namun, orang tuanya dengan berbagai pertimbangan dan alasan, memaksanya untuk menjadi seorang guru. Sementara itu, sang anak sama sekali tidak berani membantah dan hanya menurut perintah dari orangtuanya. Akibatnya jadilah ia menjadi seorang guru yang terpaksa.

Oleh karena itu, apapun penyebab dan motivasi seseorang untuk menjadi guru pada awalnya dan seiring berjalannya waktu, hendaknya mencintai profesinya tersebut. Dengan demikian nantinya dalam menjalankan profesi ini penuh semangat tanpa mengenal lelah.

Itulah 3 tipe guru di dunia pendidikan. Bapak/ibu termasuk yang mana ? Hehe...

Silahkan jawab di kolom komentar ya. Kita sharing.

Dukung Website MTs Arabic dengan cara :

1️⃣ Subscribe Youtube MTs Arabic

https://bit.ly/SubscribeMTsArabic

2️⃣ Join Channel Telegram MTs Arabic

https://t.me/mtsarabic

3️⃣ Like & Follow Fanpage Facebook MTs Arabic

https://web.facebook.com/mtsarabic

4️⃣ Follow Instagram MTs Arabic

https://www.instagram.com/mtsarabics/

0 komentar:

Post a Comment

Website ini dilindungi oleh :

Followers

Fanspage MTs Arabic

Pengunjung MTs Arabic

Live Pengunjung

Donasi Pengembangan Website

Indonesia Website Awards

Arsip MTs Arabic

Label

AKM AKSI Analisis Alokasi Waktu Analisis SKL-KI-KD MTs Arsip ATP Bahasa Arab MTs Arsip Bimtek Arsip Buku Kerja Guru Arsip ITHLA Arsip Kurikulum Arsip Kurikulum Darurat Arsip Literasi Digital MTs Arsip MGMP Arsip P3K Kemenag Arsip Pelatihan Arsip Piagam MTs Arabic Arsip PPG Arsip Rapot Arsip Soal Arsip Soal Google Form Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 9 Arsip Surat Arsip TP Bahasa Arab MTs Arsip Webinar Asesmen Madrasah Bab 1 Bab 2 Bab 3 Bab 4 Bab 5 Bab 6 Bahasa Arab MTs Buku Kerja Guru 1 Buku Kerja Guru 2 Buku Kerja Guru 3 Buku Kerja Guru 4 Buku Pegangan Guru dan Siswa ClassPoint CP Bahasa Arab MTs CPNS Daftar Hadir Daftar Nilai Daya Serap Siswa Download E-Learning Bahasa Arab MTs E-Modul Bahasa Arab Evaluasi Diri Kerja Guru Fase D Hari Guru Nasional Ikrar Guru Indonesia Ilmu Nahwu Ilmu Sharaf Indikator Soal Bahasa Arab MTs Indonesia Website Awards 2021 Info Madrasah IPK Jadwal Mengajar Guru Jurnal Agenda Guru Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 KI-KD Bahasa Arab MTs Kisi-kisi Soal KKM Bahasa Arab MTs KMA 183 Tahun 2019 KMA 347 Tahun 2022 Kode Etik Guru Kumpulan Soal Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka MTs Literasi MATERI BAB 1 MATERI BAB 2 MATERI BAB 3 MATERI BAB 4 MATERI BAB 5 MATERI BAB 6 Materi Bahasa Arab MTs Media Pembelajaran Modul 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4 Modul 5 Modul 6 Modul Ajar Modul Bahasa Arab Modul Bahasa Arab P3K Modul Pedagogik Modul Pedagogik P3K Motivasi Olimpiade Bahasa Arab Pelatihan Dugi Academy Pembiasaan Guru Madrasah Penilaian Akhir Semester Penilaian Akhir Semester Kelas 7 Penilaian Akhir Semester Kelas 8 Penilaian Akhir Semester Kelas 9 Penilaian Akhir Tahun Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Perangkat Pembelajaran Perbaikan Soal PPPK Program Semester Program Tahunan Quizizz Remedial dan Pengayaan RPP 1 Lembar SEMESTER 1 SEMESTER 2 Silabus Bahasa Arab MTs Soal AKM Bahasa Arab Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 7 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 8 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 9 Tata Tertib Guru Tindak Lanjut Kerja Guru Tutorial Ujian Madrasah