Indonesia Website Awards

Sunday, January 3, 2021

Materi Modul 5 KB 2 - Bahasa Arab di Antara Rumpun Semit

MTs Arabic - Artikel ini adalah lanjutan dari materi modul 5 PPG Bahasa Arab, berikut ringkasan materinya.

Istilah bahasa Samiyah ditetapkan sebagai sebutan bagi sekumpulan bahasa yang dihubungkan kepada salah satu anak nabi Nuh as yaitu Sam. Orang yang pertama kali memberikan istilah tersebut adalah Scholozer pada tahun 1781 ketika dia mencari nama bagi bahasa orang Ibrani dan bangsa Arab. dia melihat antara bahasa Ibrani dan bahasa Arab ternyata ada hubungan dan kesamaan.

Scholozer menyandarkan penamaan ini kepada berita yang terdapat dalam kitab Taurat tentang keturunan Nuh setelah terjadi banjir besar. Bangsa-bangsa dan kabilah-kabilah dibagi menjadi tiga bagian besar yang semuanya kembali kepada anak-anak Nuh yaitu Sam, Ham dan Yafat.

Terdapat beberapa teori dalam pembagian bahasa-bahasa di dunia, dua teori yang terpopuler yaitu teori yang mendukung ikatan kebahasaan dan teori yang bergantung pada kriteria pengembangan dan peningkatan.

Untuk teori pertama, berkembangnya suatu bahasa yang bebas dan tak terikat dari setiap rangkaian kata, struktur dan susunan yang serupa. Para ilmuan mengamati dua golongan bahasa yang paling pokok; golongan Indo-Eropa dan Hamitik-Semitik kemudian sebagian ilmu modern membagi bahasa-bahasa manusia ke dalam 19 jenis-jenis bahasa menjadi 21 macam.

Golongan India-Eropa adalah bahasa yang paling banyak tersebar dan memuat beberapa jenis bahasa. Diantaranya adalah bahasa ariyah dengan 2 cabangnya yaitu: India dan Iran, bahasa Yunani, Italia, dan Jerman yang termasuk di dalamnya bahasa Inggris, bahasa Belanda, dan bahasa Jerman.

Golongan Hemitik dan Semitik menduduki golongan arab, perserikatan Afrika dan sebagian suku di Afrika, karenanya golongan Hemitic Semitik menggabungkan bahasa-bahasa seperti bahasa Mesir dan bahasa Bar-Bar, bahasa Qusyait. Sedangkan golongan bahasa semit adalah bahasanya kaum semit. Mereka adalah bangsa Arramy, Finiqi, Yahudi, Arab, Yaman, dan Babilonia.

Adapun bahasa manusia lainnya yang juga dibagi sesuai dengan riset yang dilakukan di pusat studi bahasa di Paris, telah dibagi menjadi 19 macam; bahasa Tharani, Turki, Mongol, dan juga termasuk bahasa Jepang dan termasuk juga di dalamnya bahasa Cina dan Tibet dan bagian bahasa melayu juga termasuk menjadi bahasa Indonesia.

Yang bergantung pada pembagian bahasa menurut kriteria pengembangan dan peningkatan yang berhubungan dengan kaidah shorof dan struktur aturan.

Untuk isi modul lengkapnya, silahkan download disini :

Materi Modul 5 KB 2 - Bahasa Arab di Antara Rumpun Semit Download
Update !!! Download

Demikian artikel yang berisi tentang rangkuman tentang Bahasa Arab di Antara Rumpun Semit.

Semoga bermanfaat.

Dukung Website MTs Arabic dengan cara :

1️⃣ Subscribe Youtube MTs Arabic

https://bit.ly/SubscribeMTsArabic

2️⃣ Join Channel Telegram MTs Arabic

https://t.me/mtsarabic

3️⃣ Like & Follow Fanpage Facebook MTs Arabic

https://web.facebook.com/mtsarabic

4️⃣ Follow Instagram MTs Arabic

https://www.instagram.com/mtsarabics/

0 komentar:

Post a Comment

Website ini dilindungi oleh :

Followers

Fanspage MTs Arabic

Pengunjung MTs Arabic

Live Pengunjung

Donasi Pengembangan Website

Indonesia Website Awards

Arsip MTs Arabic

Label

AKM AKSI Analisis Alokasi Waktu Analisis SKL-KI-KD MTs Arsip ATP Bahasa Arab MTs Arsip Bimtek Arsip Buku Kerja Guru Arsip ITHLA Arsip Kurikulum Arsip Kurikulum Darurat Arsip Literasi Digital MTs Arsip MGMP Arsip P3K Kemenag Arsip Pelatihan Arsip Piagam MTs Arabic Arsip PPG Arsip Rapot Arsip Soal Arsip Soal Google Form Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 9 Arsip Surat Arsip TP Bahasa Arab MTs Arsip Webinar Asesmen Madrasah Bab 1 Bab 2 Bab 3 Bab 4 Bab 5 Bab 6 Bahasa Arab MTs Buku Kerja Guru 1 Buku Kerja Guru 2 Buku Kerja Guru 3 Buku Kerja Guru 4 Buku Pegangan Guru dan Siswa ClassPoint CP Bahasa Arab MTs CPNS Daftar Hadir Daftar Nilai Daya Serap Siswa Download E-Learning Bahasa Arab MTs E-Modul Bahasa Arab Evaluasi Diri Kerja Guru Fase D Hari Guru Nasional Ikrar Guru Indonesia Ilmu Nahwu Ilmu Sharaf Indikator Soal Bahasa Arab MTs Indonesia Website Awards 2021 Info Madrasah IPK Jadwal Mengajar Guru Jurnal Agenda Guru Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 KI-KD Bahasa Arab MTs Kisi-kisi Soal KKM Bahasa Arab MTs KMA 183 Tahun 2019 KMA 347 Tahun 2022 Kode Etik Guru Kumpulan Soal Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka MTs Literasi MATERI BAB 1 MATERI BAB 2 MATERI BAB 3 MATERI BAB 4 MATERI BAB 5 MATERI BAB 6 Materi Bahasa Arab MTs Media Pembelajaran Modul 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4 Modul 5 Modul 6 Modul Ajar Modul Bahasa Arab Modul Bahasa Arab P3K Modul Pedagogik Modul Pedagogik P3K Motivasi Olimpiade Bahasa Arab Pelatihan Dugi Academy Pembiasaan Guru Madrasah Penilaian Akhir Semester Penilaian Akhir Semester Kelas 7 Penilaian Akhir Semester Kelas 8 Penilaian Akhir Semester Kelas 9 Penilaian Akhir Tahun Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Perangkat Pembelajaran Perbaikan Soal PPPK Program Semester Program Tahunan Quizizz Remedial dan Pengayaan RPP 1 Lembar SEMESTER 1 SEMESTER 2 Silabus Bahasa Arab MTs Soal AKM Bahasa Arab Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 7 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 8 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 9 Tata Tertib Guru Tindak Lanjut Kerja Guru Tutorial Ujian Madrasah