Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang MTs
MTs Arabic - Standar Isi merupakan kriteria mengenai ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi pada suatu satuan pendidikan dalam jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
Standar Isi disesuaikan dengan substansi tujuan pendidikan nasional dalam domain sikap spritual dan sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Oleh karena itu, Standar Isi dikembangkan untuk menentukan kriteria ruang lingkup dan tingkat kompetensi yang sesuai dengan kompetensi lulusan yang dirumuskan pada Standar Kompetensi Lulusan, yakni sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Karakteristik, kesesuaian, kecukupan, keluasan dan kedalaman materi ditentukan sesuai dengan karakteristik kompetensi beserta proses pemerolehan kompetensi tersebut. Ketiga kompetensi tersebut memiliki proses pemerolehan yang berbeda. Sikap dibentuk melalui aktivitas-aktivitas: menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Pengetahuan dimiliki melalui aktivitas-aktivitas: mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Keterampilan diperoleh melalui aktivitas-aktivitas: mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta. Karakteristik kompetensi beserta perbedaan proses perolehannya mempengaruhi Standar Isi.
Adapun rincian standar isi mata pelajaran Bahasa Arab pada Jenjang Madrasah Tsanawiyah pada setiap kelas tertuang pada tujuan dan ruang lingkup materi sebagai berikut:
Tujuan:
1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima'), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam dan sebagai alat komunikasi internasional.
3. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya, Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan bahasa yang mencakup gramatika, wacana, strategi, sosiologis, dan budaya.
Ruang Lingkup:
Terdiri dari tema-tema yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan madrasah, kehidupan keluarga, rumah, hobi, profesi, kegiatan keagamaan, dan lingkungan.
Fungsi Komunikatif :
- Mengenalkan diri. Mengenalkan orang lain, asal negara/daerah
- Menunjuk fasilitas umum
- Menunjuk peralatan sekolah
- Lokasi tempat tinggal dan nomer rumah
- Aktifitas sehari- hari di rumah
- Aktifitas dan waktu
- Berterimakasih dan minta maaf
- Membuat pilihan dan argumentasinya
- Tujuan sebuah aktifitas
- Deskripsi keutamaan profesi
- Mendoakan orang sakit
- Deskripsi kejadian masa lampau
- Mendeskripsikan sebuah peristiwa
- Melarang melakukan sesuatu
- Memberi instruksi
- Deskripsi pencipta alam semesta
- Membuat perbandingan
0 komentar:
Post a Comment