Prinsip-prinsip Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Arab
MTs Arabic - Penilaian pembelajaran bahasa Arab di madrasah adalah proses pengumpulan dan pengelolaan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di madrasah.
Berdasarkan karakteristik mata pelajaran bahasa Arab, maka penilaian bahasa Arab pada akhirnya diarahkan untuk mengetahui dan mendorong peserta didik dalam bersikap dan berperilaku aktif menggunakan bahasa Arab yang tercermin dalam hal-hal sebagai berikut:
a. Sejauh mana peserta didik mampu menggunakan pendengarannya untuk menyimak pembicaraan bahasa Arab (istima’);
b. Sejauh mana peserta didik mampu merespon pembicaraan dalam komunikasi verbal dengan bahasa Arab (kalam),
c. Sejauh mana peserta didik mampu menangkap gagasan ataupun ide pokok dalam teks berbahasa Arab (qiroah); dan
d. Sejauh mana peserta didik mampu menggunakan bahasa arab untuk mengeskpesikan rasa, gagasan dan pikiran dalam bahasa tulis (kitabah).
Dengan demikian, maka penilaian hasil belajar Bahasa Arab harus dilakukan dengan penilaian autentik dan komprehensif, menggunakan berbagai teknik penilaian yang saling melengkapi. Hasil penilaian harus benar-benar menggambarkan kemampuan nyata peserta didik dalam aspek menyimak, berbicara, membaca dan menulis.
Adapun dalam tulisan ini, admin akan share Prinsip-prinsip Penilaian Pada Pembelajaran Bahasa Arab meliputi Kriteria Penilaian, Cara Penilaian, Rincian Aspek Penilaian dan Contoh Format Penilaian sebagai sebagai pedoman teknis dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya ketika akan mengukur kemampuan siswa setelah mempelajari materi di kelasnya, baik untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, maupun Madrasah Aliyah.
Simak ulasannya di bawah ini !
Kriteria Penilaian :
a. Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks.
b. Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
c. Tingkat kesesuaian format penulisan/penyampaian.
Cara Penilaian :
Unjuk kerja
1. Sasaran: keterampilan menggunakan bahasa Arab secara produktif, seperti: memajang tulisan, presentasi, membacakan, dan sebagainya secara bermakna dan otentik atau mendekati otentik.
2. Siswa memperagakan materi dialog secara mandiri.
3. Penilaian bukan hanya pada produk tetapi juga pada proses.
4. Dapat diintegrasikan dengan penilaian observasi, evaluasi diri dan evaluasi sejawat.
Pengamatan
1. Sasaran: tindakan siswa belajar melakukan tindakan komunikatif (berbicara, menyimak, membaca, menulis) secara wajar, tidak disengaja untuk penilaian.
2. Siswa menyadari dituntut untuk bertindak terbaik tetapi tidak menyadari jika dinilai.
3. Balikan diberikan secara langsung maupun tidak langsung.
4. Jumlah siswa yang akan diamati pada setiap kali pengamatan perlu ditentukan.
5. Penilaian diarahkan pada salah satu atau lebih dari keempat keterampilan berbahasa
Portofolio
1. Sasaran: menilai ketekunan, minat, kemajuan, dan keberhasilan dalam belajar melakukan banyak kegiatan dengan bahasa Arab.
2. Kumpulan pekerjaan siswa yang mendukung proses belajar, antara lain laporan kemajuan, jadwal kerja dan sebagainya.
3. Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar, antara lain teks yang disalin, diringkas, dibuat sendiri, yang telah dibaca, foto, video, clipping, dan sebagainya.
4. Kumpulan hasil tes, ujian, nilai, dan latihan.
5. Catatan atau rekaman evaluasi diri dan evaluasi sejawat, yang berupa komentar, checklist, dan penilaian.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
1. Sasaran: proses atau hasil belajar
2. Aspek keterampilan khusus atau penilaian secara umum
3. Penilaian metakognitif, untuk meningkatkan kualitas belajar
4. Bentuk: diary, jurnal, format khusus, yang berupa: komentar, checklist, dan penilaian
5. Siswa diberikan pelatihan sebelum dituntut untuk melaksanakannya.
PTS
PAS
Rincian Aspek Penilaian
1. Penilaian dari Aspek Pengetahuan
a. Kosa kata
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
b. Kelancaran
5 = Sangat lancar
4 = Lancar
3 = Cukup lancar
2 = Kurang lancar
1 = Tidak lancar
c. Ketelitian
5 = Sangat teliti
4 = Teliti
3 = Cukup teliti
2 = Kurang teliti
1 = Tidak teliti
d. Pengucapan
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
e. Intonasi
5 = Hampir sempurna
4 = Ada beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
f. Pemahaman
5 = Sangat memahami
4 = Memahami
3 = Cukup memahami
2 = Kurang memahami
1 = Tidak memahami
g. Pilihan kata
5 = Sangat variatif dan tepat
4 = Variatif dan tepat
3 = Cukup variatif dan tepat
2 = Kurang variatif dan tepat
1 = Tidak variatif dan tepat
2. Penilaian dari Segi Sikap
a. Rasa hormat
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak hormat
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak hormat
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak hormat
2 = Sering menunjukkan sikap tidak hormat
1 = Sangat sering menunjukkan tidak hormat
b. Jujur
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak jujur
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak jujur
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak jujur
2 = Sering menunjukkan sikap tidak jujur
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak jujur
c. Peduli
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak peduli
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli
2 = Sering menunjukkan sikap tidak peduli
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli
d. Berani
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak berani
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak berani
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak berani
2 = Sering menunjukkan sikap tidak berani
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tiodak berani
e. Percaya diri
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak percaya diri
2 = Sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
f. Berkomunikasi baik
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak komunikatif
2 = Sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
g. Peduli sosial
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli sosial
2 = Sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
h. Ingin tahu
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak ingin tahu
2 = Sering menunjukkan sikap tidak ingin tahui
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak ingin tahu
3. Penilaian dari segi tingkah laku
a. Kerja sama
5 = Selalu bekerja sama
4 = Sering bekerja sama
3 = Beberapa kali melakukan kerja sama
2 = Pernah bekerja sama
1 = Tidak pernah bekerja sama
b. Melakukan tindak komunikasi yang tepat
5 = Selalu melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak komunikatif
2 = Sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
g. Peduli sosial
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli sosial
2 = Sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
h. Ingin tahu
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak ingin tahu
2 = Sering menunjukkan sikap tidak ingin tahui
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak ingin tahu
4. Pedoman Penilaian Keterampilan Menulis
Contoh Format Penilaian :
File contoh Format Penilaian dari penjabaran di atas, bisa asatidz unduh di bawah ini :
Demikian tulisan tentang Prinsip-prinsip Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan. Semoga membantu.
Salam Admin,
0 komentar:
Post a Comment