Indonesia Website Awards

Friday, June 11, 2021

Pesan Dirjen Pendis Hadapi Pembelajaran di Masa Pandemi

MTs Arabic - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani memaparkan empat hal yang mesti dilakukan untuk menghadapi dan mengurangi efek negatif dari penyelenggaraan pembelajaran disaat masa Pandemi.

Hal tersebut dipaparkan pria yang biasa disapa Dhani, saat memberikan arahan dalam kegiatan Program Guru Master Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SD/SDLB di Bandung, Kamis (10/06).

Dikatakan Dhani, jika bicara esensi pembelajaran, ketika guru melakukan pengajaran dengan berbagai keterbatasan, maka sesungguhnya guru tersebut sedang menggadaikan sesuatu hal yang paling istimewa yaitu keselamatan. 

Menurut Dhani, persoalan yang dihadapi yang membuat guru dilema sebagai akibat dari pandemi ini adalah learning loss. Seharusnya sekolah itu menyediakan pendidikan yang komprehensif, bukan sekedar belajar tentang suatu hal yang sifatnya transfer of knowledge tetapi juga transfer of value.

Berikut 4 pesan Dirjen Pendis hadapi pembelajaran pada masa pandemi :

1. Guru harus bisa menarik intisari dan saripati kehidupan untuk ditularkan sebagai nilai filosofi yang ada pada siswa kita

Efektifitas pembelajaran pada masa pandemi seperti guru kunjung hanya bisa mencapai 15 %.

2. Guru harus membangun sesuatu hal yang relatif baru, yakni melakukan inovasi dengan disertai doa.

“Tidak ada kekuatan yang melebihi doa dan tidak ada sebuah penetapan yang melebihi dari sebuah impian yang diiringi dengan keikhlasan orang-orang yang hebat kejujurannya yaitu guru,” tegas Dhani.

3. Guru harus menekankan pada anak didik bahwa hidup tidak akan bahagia apabila tidak memiliki kapasitas keilmuan yang memadai.

Proses induksi ilmu jangan dilakukan melalui proses pemasakan tetapi harus melalui ruang-ruang yang rekreatif dan membahagiakan, karena ruang yang membahagiakan yang kemudian akan membekas tidak hanya sekedar pada ruang pengetahuan tetapi juga perilaku.

4. Jangan paksa anak didik untuk selalu ingin difokuskan, namun berilah candaan ice breaking sehingga proses pembelajaran mengalami sesuatu hal yang menyegarkan.  

Diakhir penyampaian, Dhani berpesan tujuan pendidikan tidak menciptakan insan-insan yang cerdas tetapi yang paripurna dibingkai dengan ruang-ruang akhlakul karimah dan akhlakul karimah itu tidak bisa diciptakan dengan instan kecuali dengan keteladanan.

Di akhir tulisan ini pun, admin berdoa, semoga kita bisa mengambil hikmah dari 4 pesan dirjen pendis kepada para guru madrasah dari Sabang - Merauke dan mengamalkan pesan tersebut dan tidak terlepas pedoman implementasi KMA 183 dan 184 Tahun 2019 terkait kurikulum sebagai pedoman madrasah dalam melaksanakan proses pembelajaran. Semoga para guru-guru di madrasah, Allah mudahkan urusannya sehingga termotivasi menjadi guru yang profesional.

Demikian informasi tentang Pesan Dirjen Pendis Hadapi Pembelajaran di Masa Pandemi.

Semoga bermanfaat.

Salam Admin,

MTs Arabic

0 komentar:

Post a Comment

Website ini dilindungi oleh :

Followers

Fanspage MTs Arabic

Pengunjung MTs Arabic

Live Pengunjung

Donasi Pengembangan Website

Indonesia Website Awards

Arsip MTs Arabic

Label

AKM AKSI Analisis Alokasi Waktu Analisis SKL-KI-KD MTs Arsip ATP Bahasa Arab MTs Arsip Bimtek Arsip Buku Kerja Guru Arsip ITHLA Arsip Kurikulum Arsip Kurikulum Darurat Arsip Literasi Digital MTs Arsip MGMP Arsip P3K Kemenag Arsip Pelatihan Arsip Piagam MTs Arabic Arsip PPG Arsip Rapot Arsip Soal Arsip Soal Google Form Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 7 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 1 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 2 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 3 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 4 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 5 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 8 Bab 6 Arsip Soal Penilaian Harian Kelas 9 Arsip Surat Arsip TP Bahasa Arab MTs Arsip Webinar Asesmen Madrasah Bab 1 Bab 2 Bab 3 Bab 4 Bab 5 Bab 6 Bahasa Arab MTs Buku Kerja Guru 1 Buku Kerja Guru 2 Buku Kerja Guru 3 Buku Kerja Guru 4 Buku Pegangan Guru dan Siswa ClassPoint CP Bahasa Arab MTs CPNS Daftar Hadir Daftar Nilai Daya Serap Siswa Download E-Learning Bahasa Arab MTs E-Modul Bahasa Arab Evaluasi Diri Kerja Guru Fase D Hari Guru Nasional Ikrar Guru Indonesia Ilmu Nahwu Ilmu Sharaf Indikator Soal Bahasa Arab MTs Indonesia Website Awards 2021 Info Madrasah IPK Jadwal Mengajar Guru Jurnal Agenda Guru Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 KI-KD Bahasa Arab MTs Kisi-kisi Soal KKM Bahasa Arab MTs KMA 183 Tahun 2019 KMA 347 Tahun 2022 Kode Etik Guru Kumpulan Soal Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka MTs Literasi MATERI BAB 1 MATERI BAB 2 MATERI BAB 3 MATERI BAB 4 MATERI BAB 5 MATERI BAB 6 Materi Bahasa Arab MTs Media Pembelajaran Modul 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4 Modul 5 Modul 6 Modul Ajar Modul Bahasa Arab Modul Bahasa Arab P3K Modul Pedagogik Modul Pedagogik P3K Motivasi Olimpiade Bahasa Arab Pelatihan Dugi Academy Pembiasaan Guru Madrasah Penilaian Akhir Semester Penilaian Akhir Semester Kelas 7 Penilaian Akhir Semester Kelas 8 Penilaian Akhir Semester Kelas 9 Penilaian Akhir Tahun Penilaian Harian Penilaian Tengah Semester Perangkat Pembelajaran Perbaikan Soal PPPK Program Semester Program Tahunan Quizizz Remedial dan Pengayaan RPP 1 Lembar SEMESTER 1 SEMESTER 2 Silabus Bahasa Arab MTs Soal AKM Bahasa Arab Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 7 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 8 Soal Penilaian Tengah Semester Kelas 9 Tata Tertib Guru Tindak Lanjut Kerja Guru Tutorial Ujian Madrasah