Metode Pembelajaran Circuit Learning
MTs Arabic - Suatu sintaks pembelajaran menunjukkan dengan jelas kegiatan-kegiatan apa yang perlu dilakukan oleh guru dan siswa, urutan kegiatan-kegiatan tersebut, dan tugas-tugas khusus yang perlu dilakukan oleh siswa. Sintaks dari berbagai macam model pembelajaran mempunyai komponen yang sama. Misalnya, semua pembelajaran diawali dengan menarik perhatian siswa dan memotivasi siswa terlibat dalam proses pembelajaran. Setiap model pembelajaran selalu mempunyai tahap "menutup pelajaran" yang berisi merangkum pokok-pokok pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru. Di samping ada persamaannya, setiap model pembelajaran antara sintaks yang satu dengan sintaks yang lain juga mempunyai perbedaan. Perbedaan-perbedaan inilah terutama yang berlangsung di antara pembukaan dan penutupan pembelajaran, yang harus dipahami oleh para guru agar supaya model-model pembelajaran dapat dilakukan dengan berhasil.
Di bawah ini, admin share sedikit pengetahuan yang didapat tentang metode Pembelajaran Circuit Learning.
1. Pengertian
Metode pembelajaran Circuit Learning adalah pembelajaran dengan memaksimalkan pemberdayaan pikiran dan perasaan dengan pola bertambah dan mengulang (Dewi, D.A.P & dkk, 2014)
2. Efektivitas Metode Pembelajaran Circuit Learning
Inti pembelajaran metode circuit learning adalah menciptakan situasi belajar yang kondusif dan fokus, siswa membuat catatan kreatif sesuai dengan pola fikirnya peta konsep-bahasa khusus, tanya jawab, dan refleksi (Dewi, D.A.P &dkk, 2014).
3. Sintaks Metode Pembelajaran Circuit Learning
Sintaknya adalah kondisikan situasi belajar kondusif dan fokus, siswa membuat catatan kreatif sesuai dengan pola fikirnya peta konsep-bahasa khusus, tanya jawab dan refleksi, seperti jabaran lebih rinci dibawah ini:
a. Melakukan apersepsi.
b. Memberitahukan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran hari ini.
c. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan sesuai uraian kegiatan.
d. Melakukan tanya jawab tentang apa saja kegiatan manusia yang dapat merusak alam.
e. Bersama dengan siswa menempelkan gambar tentang suatu ekosistem yang rusak karena kegiatan manusia.
f. Memberikan siswa pertanyaan tentang gambar yang ditempel dipapan tulis.
g. Menempelkan peta konsep yang telah dibuat.
h. Menjelaskan tentang peta konsep yang telah ditempel.
i. Membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
j. Memberikan lembar kerja kepada setiap kelompok.
k. Menjelaskan bahwa setiap kelompok mengisi lembar kerja siswa dan mengisi bagian dari peta konsep sesuai dengan bahasa mereka sendiri.
l. Menjelaskan bahwa bagian peta konsep yang mereka kerjakan akan dipersentasikan.
m. Melaksanakan persentasi bagian peta konsep yang telah dikerjakannya.
n. Memberikan penguatan berupa pujian atau hadiah atas hasil persentasi yang bagus serta memberikan semangat kepada yang belum dapat pujian atau hadiah untuk berusaha lebih giat lagi.
o. Menjelaskan kembali hasil diskusi siswa tersebut agar wawasan siswa menjadi lebih luas.
p. Memancing siswa untuk membuat rangkuman.
q. Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
r. Memberikan pekerjaan rumah bagi siswa.
4. Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Circuit Learning
a. Kelebihan
a. Kreatifitas siswa dalam merangkai kata dengan bahasa sendiri lebih terasah.
b. Konsentrasi yang terjadi membuat siswa fokus dalam belajar.
b. Kekurangan
a. Memerlukan waktu yang relatif lama.
b. Tidak semua pokok bahasan bisa disajikan berupa peta konsep.
Demikian artikel sederhana ini dibuat sebagai referensi pengajaran bapak/ibu guru dimanapun berada.
Semoga bermanfaat.
Baca Juga :
Metode Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition)
Metode Pembelajaran Artikulasi
Metode Pembelajaran Brainstorming
Metode Pembelajaran Buzz Group
Metode Pembelajaran Cooperative Script
Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition
Metode Pembelajaran Course Review Horay
Metode Pembelajaran Tebak Kata
Metode Pembelajaran Complete Sentence
Metode Pembelajaran Connecting, Organizing, Refleting, Extending
Metode Pembelajaran Debat Aktif
Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving
Metode Pembelajaran Example Non Example
Metode Pembelajaran Direct Instruction
Metode Pembelajaran Group Investigation
Metode Pembelajaran Mind Mapping
Metode Pembelajaran Pembelajaran Otentik
Metode Pembelajaran Think Pair Share
Metode Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic
Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning
Metode Pembelajaran Circuit Learning
Metode Pembelajaran Creative Problem Solving
Metode Pembelajaran Demonstrasi
Metode Pembelajaran Explicit Instruction
Metode Pembelajaran Learning Cycle
Metode Pembelajaran Means-Ends Analysis
Metode Pembelajaran Meaningfull Learning
Metode Pembelajaran Numbered Head Together
Metode Pembelajaran Pair Check
Metode Pembelajaran Picture and Picture
Metode Pembelajaran Probing Prompting
Metode Pembelajaran Problem Solving
Metode Pembelajaran Role Playing
Metode Pembelajaran Snowball Throwing
Metode Pembelajaran Survey Question Read Recite Review
Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division
Metode Pembelajaran Take and Give
Metode Pembelajaran Teams Games Tournament
Metode Pembelajaran Time Token
Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray
Metode Pembelajaran Make A Match
Metode Pembelajaran Inside Outside Circle
Salam Admin.
0 komentar:
Post a Comment