Metode Pembelajaran Learning Cycle
MTs Arabic - Suatu sintaks pembelajaran menunjukkan dengan jelas kegiatan-kegiatan apa yang perlu dilakukan oleh guru dan siswa, urutan kegiatan-kegiatan tersebut, dan tugas-tugas khusus yang perlu dilakukan oleh siswa. Sintaks dari berbagai macam model pembelajaran mempunyai komponen yang sama. Misalnya, semua pembelajaran diawali dengan menarik perhatian siswa dan memotivasi siswa terlibat dalam proses pembelajaran. Setiap model pembelajaran selalu mempunyai tahap "menutup pelajaran" yang berisi merangkum pokok-pokok pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru. Di samping ada persamaannya, setiap model pembelajaran antara sintaks yang satu dengan sintaks yang lain juga mempunyai perbedaan. Perbedaan-perbedaan inilah terutama yang berlangsung di antara pembukaan dan penutupan pembelajaran, yang harus dipahami oleh para guru agar supaya model-model pembelajaran dapat dilakukan dengan berhasil.
Di bawah ini, admin share sedikit pengetahuan yang didapat tentang metode Pembelajaran Learning Cycle.
1. Pengertian
Learning Cycle (LC) adalah model pembelajaran yang berpusat pada kegiatan penyelidikan sebelum konsep ilmiah diperkenalkan kepada siswa. Dalam model ini pembelajaran Learning Cycle, siswa mengembangkan konsep melalui pengalaman langsung yang bertahap maupun bersiklus (Sayuti, 2012).
2. Efektivitas Metode Pembelajaran Learning Cycle
Ciri khas model pembelajaran LC ini adalah setiap siswa secara individual belajar materi pembelajaran yang sudah dipersiapkan oleh guru yang kemudian hasil belajar individual dibawa di kelompok- kelompok untuk untuk didiskusikan dan semua anggota bertanggung jawab atas keseluruhan jawaban sebagai tanggung jawab bersama (Sayuti, 2012).
3. Sintaks Metode Pembelajaran Learning Cycle
Barman dalam buku belajar dan pembelajaran membagi siklus belajar dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: exploration phase, concept introduction, dan concept application. Model ini kemudian dikembangkan lebih dikenal dengan model siklus belajar sains 4-E (4-E science learning cycle), dengan tahapan- tahapan sebagai berikut:
a. Tahap Exploration (penyelidikan), adalah tahap dimana siswa mengeksplorasi pengalaman hidup, pengetahuan dan pemahamannya tentang materi yang diajarkan, dalam hal ini guru tidak diperbolehkan untuk menerangkan konsep.
b. Tahap Explanation (Pengenalan), adalah tahap dimana guru mengenalkan konsep sederhana setelah siswa mengeksplorasi pengalaman hidupnya.
c. Tahap Expansion (perluasan), adalah tahap dimana peserta didik mengembangkan konsep yang telah dipelajari menggunakan contoh-contoh. Peran guru adalah membantu siswa mengembangkan ide-ide untuk diterapkan dalam kehidupannya.
d. Tahap Evaluation (evaluasi), adalah tahap mengevaluasi konsepsi dengan menguji perubahan-perubahan pada pemikiran siswa dan penugasan keterampilan proses ilmiah (Sayuti, 2012).
4. Kelebihan dan Kekurangan Metode Learning Cycle
a. Kelebihan
a. Meningkatkan moivasi belajar.
b. Memberikan kondisi belajar yang menyenangkan.
c. Meningkatkan keterampilan sosial dan aktifitas siswa.
d. Membantu siswa dalam memahami dan menguasai konsep-konsep yang telah dipelajari melalui kegiatan secara berkelompok.
b. Kekurangan
a. Efektifitas belajar rendah jika guru kurang menguasai materi dan langkah-langkah metode pembelajaran.
b. Menuntut kesungguhan dan kreatifitas guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran.
c. Memerlukan pengelolaan kelas yang lebih terencana dan terorganisasi
d. Memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran.
Demikian artikel sederhana ini dibuat sebagai referensi pengajaran bapak/ibu guru dimanapun berada.
Semoga bermanfaat.
Salam Admin.
Baca Juga :
Metode Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition)
Metode Pembelajaran Artikulasi
Metode Pembelajaran Brainstorming
Metode Pembelajaran Buzz Group
Metode Pembelajaran Cooperative Script
Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition
Metode Pembelajaran Course Review Horay
Metode Pembelajaran Tebak Kata
Metode Pembelajaran Complete Sentence
Metode Pembelajaran Connecting, Organizing, Refleting, Extending
Metode Pembelajaran Debat Aktif
Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving
Metode Pembelajaran Example Non Example
Metode Pembelajaran Direct Instruction
Metode Pembelajaran Group Investigation
Metode Pembelajaran Mind Mapping
Metode Pembelajaran Pembelajaran Otentik
Metode Pembelajaran Think Pair Share
Metode Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic
Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning
Metode Pembelajaran Circuit Learning
Metode Pembelajaran Creative Problem Solving
Metode Pembelajaran Demonstrasi
Metode Pembelajaran Explicit Instruction
Metode Pembelajaran Learning Cycle
Metode Pembelajaran Means-Ends Analysis
Metode Pembelajaran Meaningfull Learning
Metode Pembelajaran Numbered Head Together
Metode Pembelajaran Pair Check
Metode Pembelajaran Picture and Picture
Metode Pembelajaran Probing Prompting
Metode Pembelajaran Problem Solving
Metode Pembelajaran Role Playing
Metode Pembelajaran Snowball Throwing
Metode Pembelajaran Survey Question Read Recite Review
Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division
Metode Pembelajaran Take and Give
Metode Pembelajaran Teams Games Tournament
Metode Pembelajaran Time Token
Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray
Metode Pembelajaran Make A Match
0 komentar:
Post a Comment